kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45972,21   -0,45   -0.05%
  • EMAS926.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Transaksi QRIS perbankan makin tumbuh di Agustus 2021


Jumat, 24 September 2021 / 19:16 WIB
Transaksi QRIS perbankan makin tumbuh di Agustus 2021
ILUSTRASI. Nasabah melakukan pembayaran belanja online salah satu e-commerce menggunakan Scan QRIS. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/08/2021.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) melihat transaksi ekonomi dan keuangan digital pada Agustus 2021 terus meningkat. Hal ini seiring dengan akseptasi dan preferensi masyarakat untuk berbelanja daring, perluasan pembayaran digital, dan akselerasi digital banking.

BI mencatat, perluasan merchant QRIS berlanjut, pada pertengahan September 2021 mencapai 10,4 juta merchant, atau tumbuh 120,22% year on year (yoy). PT Bank Mandiri (Persero) Tbk membukukan pertumbuhan transaksi QRIS lebih dari 300% yoy menjadi lebih dari 3 juta kali. 

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi bilang sejauh ini, transaksi QRIS di Bank Mandiri banyak dilakukan di merchant-merchant UMKM. Juga merchant ekosistem, merchant di bidang Food dan Beverage, supermarket dan retail.  

Selain itu, transaksi QRIS saat ini pun banyak dilakukan untuk donasi seperti di rumah ibadah, badan amal, dll sehingga dapat membantu orang untuk tetap dapat berdonasi secara aman melalui QRIS ini.

Baca Juga: Terus bertambah, BI mencatat 9,4 juta merchant sudah implementasikan QRIS

“Hingga akhir tahun 2021, diproyeksikan pertumbuhan transaksi QRIS mencapai lebih dari 3 juta transaksi dengan peningkatan lebih dari 300% secara yoy dibandingkan 2020 lalu. Ke depannya, Bank Mandiri fokus meningkatkan acceptance QRIS di berbagai merchant maupun agen,” ujar Thomas kepada Kontan.co.id pada Jumat (24/9).  

Lanjutnya, peningkatan fitur layanan QRIS, meningkatkan edukasi dan awareness serta pemberian benefit promosi dengan pembayaran QRIS. Ia bilang  Bank Mandiri terus melaksanakan berbagai kegiatan promosi dengan menggandeng beberapa merchant serta promo di lebih dari 100 brand kopi lokal.

Adapun Direkrut Informasi dan Teknologi Bank Tabungan Negara (BTN) Andi Nirwanto fitur QRIS menjadi salah satu fitur yg mengalami pertumbuhan sangat baik. Ia bilang pertumbuhan QRIS sejak diluncurkan sejak Juni 2021 tumbuh 197% hingga Agustus 2021, dito[ang oleh transaksi dari Food n Beverages.

“Prospek akan semakin baik, karena aspek kemudahan dan interoperability nya. Kami perkirakan tiap bulan transaksi terus tumbuh kisaran 40% hingga 50%. Upaya pencapaian dengan memberikan gimmick atau promo di merchant-merchant Food and Beverages yang menjadi pilihan utama nasabah,” paparnya kepada Kontan.co.id.

Direktur Bank CIMB Niaga Lani Darmawan juga mengakui pertumbuhan transaksi QRIS mencapai tumbuh dua kali lipat secara tahunan. Ia berharap transaksi QRIS busa terus tumbuh   karena terlihat minat masyarakat untuk tidak tergantung dari plastik kartu semakin tinggi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×