kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Tren rata-rata bunga deposito melandai, J Trust Bank berani beri imbal hasil tinggi


Rabu, 16 September 2020 / 12:00 WIB
Tren rata-rata bunga deposito melandai, J Trust Bank berani beri imbal hasil tinggi
ILUSTRASI. Tren rata-rata bunga deposito melandai, J Trust Bank berani beri imbal hasil tinggi

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren suku bunga deposito memang sedang melandai. Namun demikian, tidak menyurutkan minat para investor untuk menginvestasikan dananya dalam bentuk deposito berjangka. Faktor keamanan masih menjadi alasan bagi para deposan.

Mengutip data Bank Indonesia (BI), sejak Januari-Juli 2020 suku bunga deposito terus terkoreksi. Sebagai contoh pembanding saja, rata-rata suku bunga deposito dengan tenor 1 tahun di Januari 2020 berada di 6,77%. Sementara, pada Juli 2020 rata-rata suku bunga deposito besarannya adalah 6,2%.

Begitu pula dengan deposito dengan tenor yang lebih pendek yakni 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan. Dalam enam bulan terakhir besaran suku bunga deposito tergerus tipis. Sementara, untuk deposito dengan tenor 24 bulan, besaran suku bunga deposito sejak Januari-Juli 2020 rata-ratanya bergerak fluktuatif.

Meski besaran suku bunga deposito terkikis, kondisi ini tidak menggoyahkan para investor. Hal ini dapat dilihat dari porsi simpanan dalam bentuk deposito berjangka yang masih memiliki porsi terbesar di antara bentuk simpanan yang lain.

Mengutip data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Juli 2020, tercatat total distribusi simpanan mencapai Rp 6.388 triliun atau tumbuh 5,1%secara year to date (YTD). Adapun, porsi simpanan terbesar berada di deposito yakni sebesar 42,5%dengan nilai Rp 2.714 triliun.

Di tengah turunnya rata-rata suku bunga deposito, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (BCIC) atau yang lebih dikenal dengan J Trust Bank menawarkan beberapa program deposito menarik dengan imbal hasil berupa bunga deposito yang tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

 

Program Special Rate Deposito Rupiah J Trust

Melalui program ini, nasabah berpeluang untuk memperolah keuntungan suku bunga (special rate) 8% per annum (p.a) fix. Program ini berlaku mulai 2 Januari 2020 sampai 31 Desember 2020. Jangka waktu yang tersedia adalah 6 bulan dan 12 bulan serta tidak dapat diperpanjang.

Untuk menikmati suku bunga deposito spesial ini jumlah minimum penempatan dananya ialah Rp 500.000 per bilyet deposito. Maksimum per satu customer information file (CIF) total pada program ini adalah Rp 20 juta. Program ini Berlaku khusus untuk nasabah baru (new CIF) dan berlaku dana baru (fresh fund).

 

Deposito J Trust "Let's 1,2,3"

J Trust Bank menawarkan tiga keuntungan bunga deposito dengan penempatan deposito tiga kali dalam satu periode. Dalam program deposito J Trust yang digelar pada 1-30 September 2020 ini, nasabah harus menempatkan dana deposito tiga kali berturut-turut dengan total penempatan Rp 70 juta dalam satu kali periode. Nasabah akan mendapatkan bunga deposito yang berbeda untuk setiap penempatan.

Pada deposito pertama, nasabah menempatkan dana dengan nominal Rp 20 juta dengan bunga deposito 8% p.a, deposito kedua Rp 20 juta (8,25% p.a) dan deposito ketiga Rp30 juta (8,5% p.a) dengan jangka waktu tersedia 2,3,6 dan 12 bulan.

Bagi nasabah yang telah mengikuti program deposito special rate dengan bunga deposito 8% sebelumnya dan telah mencapai nominal Rp 20 juta maka dapat mengikuti program ini dengan hanya tinggal meneruskan saja dengan cara menempatkan deposito kedua dan deposito ketiga.

Penempatan deposito tersebut tidak harus pada hari yang sama, melainkan harus dalam satu periode program. Dengan demikian, jika terdapat satu atau dua deposito yang penempatannya melebihi dari tanggal periode program maka tidak dapat diperhitungkan dalam program ini.

 

Program referral “Win-Win-Win”

Lewat program ini J Trust Bank memberikan peluang bagi masyarakat untuk memperoleh penghasilan tambahan. Ketiga keuntungan dari mengikuti program referral “Win-Win-Win” tersebut adalah: Pertama, bunga deposito tinggi yang menarik bagi nasabah.

Kedua, referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust Bank akan mendapatkan reward. Ketiga, nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor juga akan memperoleh cashback sebagai hadiah.

Sebagai catatan, referral “Win-Win-Win” merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona" J Trust Bank. Program ini telah diluncurkan sejak akhir April 2020.

Dalam program deposito J Trust ini, J Trust Bank akan menyumbangkan dana sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total jumlah dana simpanan yang terkumpul dari program ini kepada lembaga medis yang melakukan upaya untuk melawan virus corona.

Adapun syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah atau orang yang belum menjadi nasabah J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimal Rp 10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimal Rp 1 triliun dimana dana tersebut merupakan fresh fund.

Jangka waktu deposito yang tersedia yaitu 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito sebesar 7% per tahun plus cashback 0,5% per tahun. Besaran cashback disesuaikan dengan besaran dana deposito dan waktu penempatan. Cashback dikenakan pajak 20%. Dana cashback juga dapat dikreditkan ke rekening atau dibayar tunai.

Untuk informasi lebih jelas terkait penawaran deposito dari J Trust Bank, kunjungi www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×