kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tunaiku dukung pendanaan modal bagi UMKM


Selasa, 10 Maret 2020 / 17:33 WIB
Tunaiku dukung pendanaan modal bagi UMKM
ILUSTRASI. Petugas stan Tunaiku melayani pengunjung yang ingin mengetahui produk teknologi dalam bidang keuangan pada konferensi dan pameran produk teknologi Tech in Asia Product Development Conference (TIA PDC) 2019, di Jakarta, Rabu (3/7/2019). Tunaiku sebagai pio


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amar Bank melalui produk fintech Tunaiku kembali mendorong inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selama ini, Tunaiku telah menyalurkan pendanaan modal usaha kepada lebih dari 100.000 UMKM.

Kepala Kredit Retail Tunaiku Abraham Lumban Batu mengatakan, selain komitmennya untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro, visi yang diusung ialah teknologi harus memberikan dampak positif dalam meningkatkan taraf hidup seseorang. 

Baca Juga: Tuntaskan penerapan QRIS, DANA yakin jumlah pengguna akan meningkat

Oleh karenanya, Tunaiku disebutnya memberikan kemudahan akses pinjaman modal usaha dalam perannya mendorong pertumbuhan UMKM yang tujuan utamanya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Saat ini manfaat dari Tunaiku telah dirasakan oleh lebih dari 100.000 UMKM utamanya pengusaha mikro,” Papar Abraham melalui rilis yang diterima Kontan.co.id (10/3)

Dukungan Amar Bank terhadap pertumbuhan usaha UMKM juga sejalan dengan fokus pembangunan pemerintah Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2018 lalu, sebanyak 98,7% usaha di Indonesia merupakan UMKM dan sektornya menyumbang Rp.8.400 triliun yang setara dengan 60% dari total PDB Indonesia.

Atas angka tersebut, menunjukkan UMKM dinilai mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan literasi wirausaha dan keuangan, Amartha jalin kerjasama dengan Sunlight

Di samping itu, adanya kesulitan untuk meminjam modal usaha serta tingginya bunga menjadi tantangan besar yang senantiasa dihadapi oleh pengusaha mikro, hal itu dikarenakan sebagian besar dari usaha mikro tidak memiliki agunan. 

Guna mengurangi hal tersebut, Tunaiku menawarkan layanan kredit tanpa agunan dengan angsuran relatif lama, yakni mencapai 20 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×