kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wujudkan Kredit Mikro 0%, Erick Thohir Minta BI Beri Dana Murah 0% kepada Himbara


Selasa, 28 Februari 2023 / 16:08 WIB
Wujudkan Kredit Mikro 0%, Erick Thohir Minta BI Beri Dana Murah 0% kepada Himbara
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bila BI bisa memberikan bunga 0% kepada kelompok bank milik negara maka pengenaan bunga kredit mikro dan UMKM bisa diturunkan.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna melancarkan usulan kredit mikro berbunga 0%, Kementerian BUMN sudah membentuk tim dengan Bank Indonesia (BI). Menteri BUMN Erick Thohir membocorkan skema yang akan ditempuh dalam menjalankan misi kredit tanpa bunga ini.

"Kan kemarin di Komisi VI DPR, ditanyakan bagaimana bisa memberikan kredit UMKM lebih murah? Nah tentu apa yang sudah kita bicarakan dengan BI, bagaimana BI bisa memberikan dana murah ke Himbara dengan bunga 0%. Itu statement saya," ujar Erick di Jakarta pada Selasa (28/2).

Ia menjelaskan, bila BI bisa memberikan bunga 0% kepada kelompok bank milik negara maka pengenaan bunga kredit mikro dan UMKM bisa diturunkan. Artinya, usulan ini hanya akan berlaku untuk Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Baca Juga: Kementerian BUMN Usulkan Pengenaan Bunga Kredit Mikro Sebesar 0%

Erick tidak menyebutkan skema yang akan ditempuh dengan memberikan subsisi bunga. Lantaran, Erick menyatakan Presiden Joko Widodo sudah memiliki program kredit usaha rakyat dengan bunga 3%.

"Itu program pemerintah itu kan tidak bisa sepanjang tahun. Pengeluaran kita kan lama-lama harus efisiensi. Tidak bisa semua subsidi sedangkan masyarakat kita makin banyak dan middle income makin banyak," jelasnya.

Erick mengaku respons dari bank sentral sangat positif dengan membentuk tim untuk mewujudkan cita-cita bunga kredit 0% ini. Ia menyebut, tim ini terdiri dari dua orang perwakilan dari BI dan dua orang wakil menteri BUMN.

"Sudah bentuk Tim dari BI kirim dua orang,  saya kirim dua wamen saya, ga tanggung-tanggung kan," ujarnya.

Sebelumnya, Erick berharap rencana ini bisa diwujudkan dalam kurung waktu satu bulan. Namun ia menyakan peluncuran program ini akan bergantung kepada BI sebagai regulator perbankan.

Baca Juga: Kementerian BUMN Usul Kredit Mikro Berbunga 0%, Bagaimana Alternatif Skemanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×