: WIB    —   
indikator  I  

Bank jamin ATM tak akan terganggu satelit lagi

Bank jamin ATM tak akan terganggu satelit lagi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gangguan satelit Telkom 1 sudah tak menghantui jaringan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik perbankan. Kelompok bank besar memastikan operasional mesin ATM sudah kembali normal sehingga nasabah tak perlu khawatir.

Aktivitas jaringan ATM berjalan normal karena bank telah memindahkan operasional satelit di luar Telkom 1. Ini sebagai langkah perbankan untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi lagi gangguan ATM yang merugikan nasabah dan bank.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso Liem mengatakan, pihaknya sudah memindahkan komunikasi di luar Telkom 1. BCA menuntaskan masalah konektivitas ATM ini pada pertengahan September 2017.

Senada, Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Randi Anto memastikan, bahwa operasional ATM sudah terselesaikan 100%. "Kami juga telah memitigasi manajemen risiko jika nanti insiden ini terjadi kembali," kata Randi, Rabu (10/11).

Bank berkode saham BBRI menyebutkan ketika terjadi masalah Telkom 1, maka jaringan ATM BRI yang terkena dampak hanya sekitar 300 ATM, dan beberapa unit kerja di area terpencil yang terkena pengaruh.

Gangguan jaringan ATM tentu menjadi masalah bagi BRI. Apalagi, bank berplat merah ini memiliki jaringan ATM sebanyak 24.802 mesin per Juni 2017. Angka tersebut bertambah 1.676 ATM dibandingkan 23.126 unit ATM per Juni 2016.

SVP Teknologi Informasi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Dadang Setiabudi mengatakan, saat ini koneksi jaringan ATM dengan Telkom 1 sudah berjalan lancar setelah masalah Telkom 1 selesai. "Tidak ada permasalahan," ungkap Dadang.

Sependapat, Direktur Perbankan Digital dan Teknologi PT Bank Mandiri Tbk Rico Usthavia Frans, juga menuturkan, hingga saat ini operasional ATM berjalan lancar dan tidak ada masalah.

Sebelumnya, pada pertengahan Agustus 2017 Telkom mengalami gangguan satelit yang menyebabkan jaringan ATM perbankan tidak berfungsi dengan baik.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Dessy Rosalina

GANGGUAN ATM

Feedback   ↑ x