: WIB    —   
indikator  I  

OJK: Bank harus waspada meski harga batubara naik

OJK: Bank harus waspada meski harga batubara naik

KONTAN.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat dengan kenaikan harga batubara mencapai US$ 100 per ton tidak langsung membuat perbankan menambah eksposure kredit ke sektor ini.

Aslan Lubis, Analis Eksekutif Departemen Pengembangan Pengawasan dan Manajemen Krisis OJK bilang berdasarkan hasil diskusi dengan industri tambang, tidak semua perusahaan ini mengalami perbaikan produksi.

"Bagi perusahaan batubara besar produksinya membaik, namun bagi tambang kecil dan mikro tercatat masih lesu," kata Aslan kepada KONTAN, Kamis (14/9).

OJK bilang perbankan harus mewaspadai terkait dengan harga tambang khususnya batubara ini. Hal ini karena harga komoditas batubara tercatat masih fluktuatif sejalan dengan belum tingginya permintaan komoditas ini di pasar internasional

Sampai Juli 2017 tercatat kredit tambang hanya tumbuh 1,21% secara tahunan atau year on year (yoy). NPL disektor ini juga masih tinggi yaitwu mencapai 7,,49%.

Untuk segmen batubara secara khusus, tercatat kreditnya masih turun sebesar 14,69% yoy dengan NPL mencapai 13,0% per Juli 2017. Porsi kredit tambang terhadap total kredit juga tercatat masih cukup rendah yaitu hanya 2,72% dari total kredit.
 


Reporter Galvan Yudistira
Editor Dessy Rosalina

KREDIT BANK

Feedback   ↑ x
Close [X]