kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,93   -8,56   -0.93%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit mikro BRI lampaui target


Selasa, 26 Oktober 2010 / 09:39 WIB
Kredit mikro BRI lampaui target


Reporter: Fransiska Firlana | Editor: Uji Agung Santosa

PEKANBARU. Saat krisis 2008 lalu, pertanian di Riau termasuk salah satu sektor yang terpukul. Bisnis bank dan pembiayaan di bumi Lancang Kuning itu ikut terjerembab. Penyaluran pinjaman ke petani banyak yang macet seiring anjloknya penjualan komoditas.

Masa suram itu kini sudah berlalu. Permintaan dan harga komoditas pertanian di pasar dunia terus membaik. Bisnis bank pun kembali berputar kencang.

Salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Pekanbaru, Riau. Hingga September lalu, BRI Riau telah menyalurkan pinjaman sekitar Rp 2,4 triliun atau 103% dari target 2010. “Kalau dibandingkan posisi akhir tahun lalu, angka itu naik 33%,” kata Agus Ahdiyat, Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru, kepada KONTAN pekan lalu.

Debitur kredit mikro BRI kebanyakan petani sawit. “Nasabah pinjaman kami saat ini ada 114.000 dan nasabah simpanan sebanyak 600.000,” jelasnya. Meski gencar menyalurkan kredit, rasio kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) BRI Pekanbaru hanya 1,2%.

Edison Tampubolon, Pimpinan BRI cabang Rengat, menambahkan, rasio NPL bisa ditekan lewat pendekatan sosial. “Petani sangat malu bila ada orang bank menagih ke rumah. Ini sangat membantu kerja kami,” katanya.

Kredit yang lancar ini membuat sejumlah BRI Unit di Kanwil Pekanbaru mengembangkan tawaran produk bank lain. Misalnya, kredit komersial. “Setelah kami mengenal nasabah dan prospek usaha mereka, kami menawarkan kredit kepemilikan rumah atau kredit kendaraan bermotor," kata Edison.

Tak cuma itu, untuk kemudahan nasabah di Riau, yang kebanyakan petani, BRI menyediakan akses ATM. "Ini untuk menghindari antrean di teller karena keterbatasan SDM kami," ujar Senior Manager Desk of Investor Relations BRI Ninis K. Adriani

Bisnis perbankan di Riau terus bertumbuh. Mengutip data Bank Indonesia, hingga Agustus lalu penyaluran kredit di Riau dan Kepulauan Riau mencapai Rp 53,7 triliun, naik 25% dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari jumlah itu, sebanyak 15% mengucur ke sektor pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×