kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

80,6% Sahamnya Diakuisisi MUFG Group, Ini Kata Mandala Finance (MFIN)


Senin, 26 Juni 2023 / 10:24 WIB
80,6% Sahamnya Diakuisisi MUFG Group, Ini Kata Mandala Finance (MFIN)
ILUSTRASI. Logo MUFG. REUTERS/Toru Hanai/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar akuisisi di industri multifinance kembali ramai karena Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. (MUFG Group) telah membeli 80,6% saham di PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) senilai Rp 7,04 triliun.

Dalam hal ini, MUFG Group membeli saham milik PT Jayamandiri Gemasejati (JG Motor) bersama dengan sejumlah pemegang saham lainnya, melalui MUFG Bank, Ltd. (MUBK) dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF)

Direktur Utama Mandala Finance Harryjanto Lasmana bilang transaksi ini bertujuan untuk mengakselerasi strategi pertumbuhan Mandala yang telah beroperasi selama 26 tahun, serta memperkuat posisi Mandala sebagai salah satu perusahaan pembiayaan di Indonesia.

"Kami dengan senang hati mengumumkan transaksi ini, yang akan memberikan manfaat besar bagi semua pemangku kepentingan kami, yaitu para pelanggan, karyawan, mitra pembiayaan dan investor,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (26/6).

Baca Juga: MUFG Rajin Akuisisi, Kini Siapkan Rp 7 Triliun Beli Mandala Finance (MFIN)

Menurutnya, dengan menjadi bagian dari MUFG Group, Mandala akan semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain kunci di sektor pembiayaan konsumen di Indonesia. 

Ia bilang dengan didorong oleh dukungan yang lebih besar dari MUFG Group, Mandala dapat memanfaatkan sinergi dengan anak perusahaan MUFG Group di Indonesia untuk berkolaborasi dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan sinergi bisnis yang saling menguntungkan. 

“Manajemen yang ada akan tetap berperan penting dalam membangun Mandala dan melanjutkan kesuksesan perusahaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Harryjanto menjelaskan transaksi ini diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2024 dan tunduk pada persetujuan-persetujuan yang diperlukan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan persyaratan-persyaratan lainnya yang umum dalam transaksi serupa. 

Baca Juga: Mandiri Utama Finance Sebut Total Modal Sudah Capai Rp 1,16 Triliun Per Mei

Setelah penyelesaian dari transaksi, MUBK akan memiliki 70,6% saham Mandala, sementara ADMF akan memiliki 10,0% saham Mandala, dengan MUBK juga akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam transaksi ini, Greenhill & Co. bertindak sebagai penasihat keuangan tunggal bagi JG Motor, sedangkan Hiswara Bunjamin & Tandjung (bersama dengan Herbert Smith Freehills) bertindak sebagai penasihat hukum bagi JG Motor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×