kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,36   -7,11   -0.75%
  • EMAS918.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

AAUI: Penanganan klaim akibat bencana merupakan kewajiban asuransi


Kamis, 21 Januari 2021 / 20:55 WIB
AAUI: Penanganan klaim akibat bencana merupakan kewajiban asuransi
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan logo sejumlah perusahaan asuransi umum di kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia, Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa bumi yang terjadi di Majene Sulawesi Barat bisa memicu klaim bagi para pemegang polis asuransi properti. Terutama bagi yang memiliki perluasan perlindungan gempa bumi.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dody Achmad Sudiyar Dalimunthe menyatakan turut berduka cita terhadap bencana ini. Saat ini otoritas yang berwenang sedang melakukan tugas SAR serta mengidentifikasi korban dan kerugian.

Ia menyatakan pada beberapa kejadian bencana sebelumnya, prusahaan asuransi akan melakukan tindakan proaktif jika berdasarkan data yang dimilikinya ada pertanggungan asuransi di lokasi bencana tersebut.

“Penanganan klaim bencana adalah salah satu kewajiban dalam pertanggungan asuransi. Dan bagi perusahaan asuransi yang mengcover risiko bencana bisa mulai mereview kembali kecukupan pencadangan teknis,” ujar Dody kepada Kontan.co.id Kamis (21/2) malam.

Baca Juga: Klaim masih aman, pemain asuransi umum belum siapkan pencadangan khusus

Ia menambahkan kecukupan pencadangan teknis ini sudah diatur dalam regulasi. Tujuannya agar kondisi kesehatan keuangan perusahaan tetap solvent meskipun menghadapi liability risiko bencana.

Berdasarkan data AAUI klaim asuransi properti mencapai Rp 5,61 triliun pada kuartal ketiga 2020. Nilai itu tumbuh 1,8% dibandingkan September 2019 yang sebanyak Rp 5,51 triliun. 
Sedangkan pendapatan premi asuransi properti mengalami penurunan 5,4% yoy dari Rp 15,08 triliun menjadi Rp 14,26 triliun pada kuartal III-2020. 

Selanjutnya: Pemerintah siapkan asuransi dampak bencana sektor pertanian dan perikanan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×