kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada pandemi Covid-19, transaksi uang elektronik sokong bisnis UMKM


Sabtu, 02 Oktober 2021 / 06:24 WIB
Ada pandemi Covid-19, transaksi uang elektronik sokong bisnis UMKM
ILUSTRASI. Aplikasi OVO di gerai UMKM.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peran ekonomi digital dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kian nyata. Pelaku UMKM pun semakin banyak yang mengadopsi metode pembayaran digital dengan menggunakan uang elektronik berbasis aplikasi.

Pelaku UMKM merasakan dampak positif dari hadirnya uang elektronik, baik dari sisi peningkatan transaksi, pencatatan keuangan yang lebih teratur, dan meningkatkan literasi keuangan dengan membuka akses terhadap layanan keuangan perbankan dan digital.

Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan oleh CORE Indonesia terhadap 2.001 UMKM mitra di 12 kota di 8 provinsi pada awal 2021.

Hasil studi memperlihatkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM yang dijadikan responden  merasa terbantu sejak bergabung di platform pembayaran digital OVO.

Yang menarik, perbaikan yang dialami tidak hanya terkait fasilitas pembayaran nirtunai sebagai alternatif bagi pelanggan yang ingin menghindari penggunaan uang tunai.

Sebagian besar responden survei juga melaporkan peningkatan transaksi harian dan pendapatan bulanan, serta kini lebih sering menggunakan layanan perbankan jika dibandingkan sebelum bergabung dengan OVO.

Baca Juga: Mitra UMKM OVO berhasil meningkatkan transaksi setelah bergabung menjadi merchant

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah memaparkan, sebanyak 73% UMKM sekarang ini lebih sering menggunakan uang elektronik untuk bertransaksi. Sekitar 70% UMKM mengalami peningkatan transaksi harian dengan rata-rata kenaikan hingga 30%.

"Rata-rata pendapatan per bulan pun meningkat 27% bagi 68% responden yang mengalami peningkatan pendapatan setelah bergabung dengan OVO," kata Piter, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (1/10).

Sementara itu, ekosistem OVO seperti Grab juga memberikan dampak ekonomi sosial yang signifikan bagi UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Sekitar 91% pelaku UMKM yang disurvei telah terhubung dengan ekosistem luas OVO, dan mendapatkan manfaat nyata dengan rata-rata kontribusi ekosistem OVO mencapai 18% dari total penjualan mereka.

Ekonom Senior dan Founder CORE Indonesia, Hendri Saparini menyatakan, perilaku pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan transformasi digital berdasarkan studi yang dilakukan.

“Jadi, tidak perlu khawatir bahwa perubahan perilaku tidak diikuti oleh pelaku usaha, khususnya UMKM. Kenyataannya, pelaku usaha juga cepat mengadopsi inovasi di bidang digitalisasi pembayaran. Selanjutnya ini menjadi aset bagi pemerintah, karena digitalisasi pembayaran ini menghasilkan big data yang luar biasa,” kata Hendri.




TERBARU

[X]
×