kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Artajasa luncurkan debit bersama pada 2017


Rabu, 07 Desember 2016 / 16:06 WIB
Artajasa luncurkan debit bersama pada 2017


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) berencana meluncurkan kartu debit bersama pada 2017. Debit bersama ini bertujuan meningkatkan interkoneksi antar kartu debit anggota Artasaja.

Nantinya, Artajasa sebagai perusahaan switchng akan bekerjasama dengan penyedia kartu (card issuer) yaitu masing-masing bank yang sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama. Diharapkan tahun depan masing-masing bank sudah mengupgrade sistem untuk menyesuaikan dengan fitur yang nantinya akan diluncurkan.

Direktur Artajasa Bayu Hanantasena mengatakan, dengan adanya produk debit bersama ini akan mempermudah 87 institusi yang telah tergabung dalam jaringan ATM bersama untuk melakukan transaksi melalui kartu debit. “Debit bersama ini diharapkan bisa meningkatkan transaksi debit antar anggota Artasaja,” ujar Bayu, Rabu (7/12).

Kata Bayu, peluncuran debit bersama juga bertujuan untuk meningkatkan interkoneksi antar switching yang merupakan salah satu roadmap dari Bank Indonesia. Sebagai gambaran, saat ini baru dua swtiching yang sudah mempunyai fitur debit bersama yaitu Artajasa dan Prima melalui Prima Debit.

Bayu mengatakan, dengan adanya debit bersama ini, tahun depan bisa meningkatkan jumlah transaksi anggota ATM Bersama. Pada akhir tahun ini, Artajasa menargetkan kenaikan jumlah transaksi double digit dari tahun lalu.

Terkait fitur debit bersama, menurut Bayu, secara teknis sistem Artasaja sudah siap. Selain itu pengajuan izin ke Bank Indonesia juga sudah dilakukan.

Ke depan, diharapkan seluruh kartu debit anggota ATM Bersama bisa dipakai di beberapa switching baik jaringan ATM Prima dan Alto.

Adanya interkoneksi antar switching juga ditargetkan bisa meningkatkan gerakan nasional non tunai. Sebagai gambaran, pada 2017 Bank Indonesia akan melakukan interkoneksi switching domestik, interkoneksi kartu ATM dan interkoneksi uang elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×