kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi Jasindo Lindungi Peluncuran Satelit Merah Putih 2


Rabu, 21 Februari 2024 / 11:04 WIB
Asuransi Jasindo Lindungi Peluncuran Satelit Merah Putih 2
ILUSTRASI. Peluncuran?Satelit Merah Putih 2 milik Telkomsat


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) memastikan telah memberikan perlindungan asuransi terhadap Satelit Merah Putih 2 milik Telkomsat yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero).

Satelit yang baru saja diluncurkan pada 20 Februari 2024 waktu Florida atau 21 Februari 2024 waktu Indonesia ini telah dilengkapi dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) dan akan memberikan layanan komunikasi yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Telkom (TLKM) Gelontorkan Rp 3,5 Triliun untuk Bangun Satelit Merah Putih 2

Jasindo yang menjadi risk management partner untuk Telkom Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi untuk satelit Telkomsat yang akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT) ini, memberikan perlindungan terhadap risiko yang dapat dibagi menjadi dua kategori utama yaitu risiko peluncuran dan risiko pada saat In-Orbit.

“Risiko peluncuran merupakan risiko yang dapat muncul saat sejak mesin menyala sampai satelit terpisah dari final stage of the launch vehicle, atau dapat juga berlanjut sampai selesainya fase testing di orbit. Sedangkan risiko saat In-Orbit, merupakan risiko kerusakan fisik satelit selama di orbit atau selama penempatan orbit. Risiko dapat disebabkan oleh obyek di sekitar satelit, temperatur ekstrim dan radiasi,” kata Andy Samuel, Direktur Utama Jasindo dalam siaran persnya, Rabu (21/2).

Baca Juga: Satelit Merah Putih 2 Milik Telkom (TLKM) Resmi Mengudara

Andy juga menambahkan, bahwa kehadiran risiko-risiko tersebut yang membuat Jasindo memiliki peran penting untuk memberikan pelayanan perlindungan asuransi komprehensif (Launch &In Orbit Insurance), seperti Total Loss yang mencakup kerugian atau kerusakan total, Constructive Total Loss yang mencakup kerugian di atas 75% dari nilai yang dijamin, dan Partial Loss yang mencakup kerusakan sebagian.

Selain cakupan untuk risiko peluncuran dan in-orbit, Jasindo juga memiliki dua jaminan penting lainnya:

1. Asuransi Pre-Launch Insurance, menjamin kerugian atau kerusakan satelit atau komponennya sejak keluar dari lokasi pabrik, selama berjalanan ke launch site, through testing, fueling, dan terintegrasi dengan launcher sampai mesin launcher's rocket menyala untuk meluncur.

Baca Juga: Sinergi BUMN, Jasindo dan Taspen Sepakat Jalin Kerja Sama Asuransi

2. Asuransi Liability Insurance, merupakan asuransi tanggung gugat yang seringkali menjadi persyaratan wajib dari pemerintah dimana tempat peluncuran satelit dilakukan tanpa melihat negara pemilik satelit.

Jasindo memiliki pengalaman yang panjang serta memiliki reputasi dan pengalaman yang kuat di industri penerbangan dan satelit. Ini menunjukkan profesionalisme dan kemampuan mereka di bidang ini.

“Sejak tahun 1976, Jasindo telah melindungi satelit di Indonesia, mulai dari peluncuran Satelit Palapa A1 hingga peluncuran terbaru Satelit Merah Putih 2. Hingga 2024, dengan peluncuran Satelit Merah Putih 2 ini, Jasindo telah memberikan perlindungan asuransi ke puluhan misi satelit di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga: Jasindo Dukung Kemajuan Telekomunikasi Indonesia Lewat Asuransi Satelit

Dengan Jasindo sebagai risk management partner dalam menyediakan perlindungan asuransi untuk Satelit Merah Putih 2, tidak hanya memberikan jaminan bagi Telkomsat dan mitramitranya, tetapi juga bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam meningkatkan pemerataan konektivitas.

“Ini merupakan bukti komitmen Jasindo dalam menyediakan perlindungan asuransi yang dapat diandalkan dan komprehensif untuk industri antariksa yang sedang berkembang di negara ini,” pungkas Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×