kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Asuransi Sinar Mas gandeng Ralali.com pasarkan produk asuransi


Rabu, 14 Agustus 2019 / 17:23 WIB
Asuransi Sinar Mas gandeng Ralali.com pasarkan produk asuransi
Kerjasama Asuransi Sinar Mas dan Ralali.com

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna memperluas jangkauan nasabah dan meningkatkan pendapatan premi dari segmen ritel, PT Asuransi Sinar Mas (ASM) mengandeng PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com) untuk memasarkan produk-produk asuransi lewat e-commerce.

Direktur ASM Dumasi M Samosir menyatakan akan menjual sembilan produk pada platform Ralali.com yakni asuransi perjalanan dan umrah, asuransi mikro stop usaha gempa tsunami, asuransi binatang peliharaan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, dan asuransi mikro simas perlindungan.

“Premi yang kita harapkan dari penjualan Ralali.com adalah mayoritas mikro. Mungkin tahun pertama gakan besar, tapi tahun depan dan berikutnya bisa berkali lipat,” ujar Dumasi di Jakarta pada Rabu (14/8).

Baca Juga: Asuransi Sinar Mas bukukan pertumbuhan asuransi penjaminan 11% di kuartal pertama

Ia menambahkan, ASM berencana memperbesar kontribusi segmen ritel yang saat ini masih memberikan kontribusi 2% dari total premi perusahaan. Ia menargetkan dalam jangka waktu panjang, segmen ritel dapat menyumbang premi hingga 50%.

Dumasi mengaku alasan mengejar segmen ritel lantaran pasarnya sangat besar. Sedangkan secara industri, segmen ini belum tergarap optimal. Selain itu, segmen ritel terutama produk mikro memiliki tren klaim yang rendah. Ia bilang hingga Juni 2019, premi dari produk asuransi mikro mencapai Rp 2 miliar. Sedangkan klam untuk produk asuransi mikro melum ada yang mengajukan.

Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2019, ASM mencatatkan pendapatan bruto sebesar Rp 5,08 triliun. Nilai ini tumbuh 51,19% secara tahunan atau year on year (yoy) dari posisi yang sama pada semester 1-2018 lalu sebesar Rp 3,36 triliun.

Baca Juga: Pasang target moderat, Asuransi Sinar Mas kejar kenaikan premi bruto 6,7% tahun ini

Selain memasarkan produk asuransi, kerja sama antara ASM dengan Ralali.com juga akan memasarkan produk-produk binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Juga pemasaran produk ASM melalui mitra UMKM binaan Ralali.com.

Chief Operation Officer Ralali.com Alexander Lukman menyatakan hingga saat ini, Ralali sudah memiliki 700.000 UMKM binaan. Ralali.com sendiri juga tengah mengejar target untuk mencapai 1 juta UMKM binaan. Sedangkan ASM juga tengah melakukan kampanye Satu Juta Partner. Dumasi bilang lewat kerja sama ini, diharapkan mitra binaan Ralali bisa menjadi partner dari ASM.




TERBARU

Close [X]
×