kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.943.000   -7.000   -0,36%
  • USD/IDR 16.340   46,00   0,28%
  • IDX 7.108   -48,06   -0,67%
  • KOMPAS100 1.036   -7,15   -0,69%
  • LQ45 793   -7,13   -0,89%
  • ISSI 231   -1,02   -0,44%
  • IDX30 412   -2,67   -0,64%
  • IDXHIDIV20 483   -2,57   -0,53%
  • IDX80 116   -0,87   -0,75%
  • IDXV30 119   -0,80   -0,67%
  • IDXQ30 133   -0,85   -0,64%

Bale by BTN Catatkan Pengguna Lebih dari 2,5 juta per Mei 2025


Rabu, 18 Juni 2025 / 14:30 WIB
Bale by BTN Catatkan Pengguna Lebih dari 2,5 juta per Mei 2025
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah di gerai BTN digital store, Jakarta, Sabtu (15/2/2025). PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mencatatkan volume transaksi senilai Rp 6,6 triliun per bulan melalui super-app Bale by BTN, sejak aplikasi ini resmi diluncurkan pada Desember 2024 lalu. (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (BTN) mencatat perkembangan yang positif pada aplikasi Superapp Bale by BTN, baik dari sisi volume maupun jumlah transaksi. Hingga Mei 2025, jumlah transaksi tumbuh lebih dari 135% secara tahunan (YoY).

Adapun jumlah pengguna Bale by BTN telah mencapai lebih dari 2,5 juta pengguna per Mei 2025. Angka ini mencerminkan pertumbuhan yang positif sejak diluncurkannya aplikasi tersebut.

SVP Digital BTN Thomas Wahyudi menyampaikan, pertumbuhan ini didorong oleh semakin meningkatnya penggunaan aplikasi oleh nasabah dalam aktivitas keuangan sehari-hari.

Adapun jenis transaksi dengan pertumbuhan tertinggi tercatat pada transaksi QRIS, transfer antarbank (melalui BI-FAST & On Us), serta layanan pembayaran dan pembelian, seperti tagihan listrik dan top up e-wallet.

Baca Juga: Bantuan Subsidi Upah Kembali Digulirkan, BTN Siap Dukung Pemerintah

"Tren tersebut mencerminkan peran Bale by BTN yang semakin kuat sebagai platform layanan keuangan digital yang mudah, aman, dan sesuai dengan kebutuhan nasabah masa kini," kata Thomas kepada kontan.co.id.

Hingga akhir tahun BTN juga menargetkan jumlah pengguna bale by BTN dapat mencapai minimal 3,6 juta pengguna. Hal ini seiring dengan strategi penguatan layanan digital dan perluasan akuisisi nasabah melalui berbagai inisiatif yang berkelanjutan.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, sepanjang tahun 2025, BTN terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan terhadap aplikasi Bale by BTN sebagai super app yang menjadi pusat layanan keuangan digital bagi nasabah. Inovasi difokuskan pada peningkatan kecepatan, keandalan sistem, serta perluasan fitur yang sesuai dengan kebutuhan transaksi harian masyarakat.

Beberapa pengembangan utama yang sedang dan akan dilakukan antara lain mencakup fitur-fitur unggulan seperti QRIS CPM (Customer Presented Mode), QRIS Crossborder yang memungkinkan pembacaan QRIS di luar negeri, QRIS Transfer.

Selain itu, integrasi layanan paylater dan fitur unggulan lainnya. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkuat peran Bale by BTN sebagai aplikasi transaksi harian yang lengkap, praktis, dan terintegrasi.

Penyempurnaan infrastruktur dan penguatan sistem keamanan juga disebut menjadi bagian dari fokus pengembangan tahun ini, agar Bale by BTN dapat memberikan pengalaman transaksi yang lebih cepat, aman, dan stabil.

Baca Juga: BTN Catat Nilai Transaksi Lewat Agen BTN Capai Lebih dari Rp 99 Miliar per April 2025

"Dengan langkah ini, kami berharap Bale by BTN dapat menjadi solusi keuangan digital yang kompetitif dan relevan, sekaligus mendukung akselerasi transformasi digital di lingkungan BTN," lanjutnya.

Di sisi lain, untuk menjaga keandalan layanan Bale by BTN, kami telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif yang terus dikembangkan dan diperkuat. Pertama yakni penguatan infrastruktur, Optimalisasi Sistem Disaster Recovery, menjalankan proses monitoring sistem selama 24 jam setiap hari, untuk mendeteksi potensi gangguan secara dini dan melakukan tindakan korektif sebelum berdampak ke nasabah.

Selain itu, setiap fitur baru atau pembaruan sistem harus melalui rangkaian pengujian secara menyeluruh, termasuk stress test (pengujian dengan beban transaksi tinggi) dan security test untuk memastikan tidak ada celah keamanan.

"BTN juga menyediakan layanan contact center yang siap 24 jam setiap hari, untuk membantu nasabah yang mengalami kendala atau membutuhkan informasi terkait layanan digital," imbuhnya.

Baca Juga: BTN Catat Nilai Transaksi Lewat Agen BTN Capai Lebih dari Rp 99 Miliar per April 2025

Selanjutnya: Soal Ekspor Listrik Hijau ke Singapura, Begini Respons Alamtri Resources (ADRO)

Menarik Dibaca: 7 Cara Efektif Mengobati Penyakit Asam Urat pada Kaki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×