kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Bank CIMB Niaga Fasilitasi Transaksi Pasar Fisik Emas Digital


Minggu, 26 Juni 2022 / 12:44 WIB
Bank CIMB Niaga Fasilitasi Transaksi Pasar Fisik Emas Digital
ILUSTRASI. CIMB Niaga menjalin sinergi dengan ICDX dan Indonesia Clearing House memfasilitasi transaksi pasar fisik emas digital.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin sinergi dengan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) dan Indonesia Clearing House (ICH) untuk memfasilitasi transaksi pasar fisik emas digital di bursa komoditi dengan menjadi bank penyimpan dana margin.

Direktur Business Banking CIMB Niaga Rusly Johannes menyatakan, kolaborasi perbankan dengan bursa komoditi dan lembaga kliring merupakan suatu usaha dalam membentuk ekosistem perdagangan berjangka komoditi yang kuat dan terintegrasi.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu kegiatan pasar komoditi khususnya perdagangan fisik emas digital di dalam bursa komoditi, sehingga ke depannya bisa meningkatkan transaksi komoditi emas di Indonesia,” kata Rusly dalam keterangan tertulisnya, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Perbankan Optimistis Bisnis Kartu Kredit Makin Cerah Tahun Ini

Direktur ICDX Nursalam mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk mendorong peningkatan transaksi perdagangan berjangka komoditi khususnya transaksi pasar fisik emas digital melalui bursa, dengan kenyamanan jasa perbankan yang disediakan CIMB Niaga.

“Kerja sama ini sebagaimana komitmen ICDX dalam menjalankan fungsinya sebagai Bursa Komoditi untuk menghadirkan ekosistem pasar yang terorganisir, dan ICH sebagai lembaga kliring untuk pejaminan dan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital di ICDX,” tuturnya.

Seperti diketahui, CIMB Niaga merupakan salah satu bank yang telah mendapat izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Kementerian Perdagangan, sebagai bank penyimpan dana margin atas transaksi pasar fisik emas digital melalui bursa (on exchange). Kerja sama ini juga menandai sinergi yang baik antar pelaku industri perdagangan berjangka komoditi (PBK) dengan pelaku industri keuangan khususnya perbankan.

Dengan kerja sama tersebut, ICDX dan ICH akan mengintegrasikan platform dan sistem pasar fisik emas digital milik bursa komoditi dengan CIMB Niaga melalui pembukaan akun peserta emas digital dalam ekosistem yang terintegrasi.

Baca Juga: Permintaan Meningkat, Kredit Korporasi CIMB Niaga Tumbuh 10% pada Mei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×