kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Ramai-Ramai Siapkan Uang Tunai Lebih Besar untuk Kebutuhan Lebaran


Selasa, 19 Maret 2024 / 17:36 WIB
Perbankan Ramai-Ramai Siapkan Uang Tunai Lebih Besar untuk Kebutuhan Lebaran
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi melalui atm Bank mandiri di Jakarta, Senin (27/11/2023). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/11/2023.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perbankan mempersiapkan ketersediaan uang tunai lebih tinggi di tahun ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 2024. 

Seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 68,80 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 2024.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan, jumlah tersebut naik 7% dari angka realisasi ketersediaan uang tunai pada momen bulan suci dan lebaran tahun 2023, seiring proyeksi peningkatan aktivitas konsumsi masyarakat.

“Kami berharap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat berkontribusi positif dalam perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Jahja, Selasa (19/3). 

Baca Juga: Sambut Idul Fitri, BCA Siapkan Uang Tunai hingga Rp 68,80 Triliun

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukar uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA siap memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang  melalui 39 Kantor Cabang Utama (KCU) di Jabodetabek selama periode 1-5 April 2024. 

Selain itu, satu mobil kas keliling di area Istora Senayan selama periode 28-1 Maret 2024, juga di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 2-5 April 2024. Adapun pada cabang di luar wilayah Jabodetabek, layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) menyesuaikan dengan ketersediaan di cabang tersebut.

Adapun PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) telah menyiapkan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun saat Ramadan menjelang Idul Fitri  2024.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan, langkah ini diharapkan dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 1,7 triliun per hari selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Ali Usman.

Sementara PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 45 triliun selama periode Ramadan hingga Lebaran 2024. 

Baca Juga: Dirut BTN Akui Ada Pemeriksaan Dugaan Korupsi atas Kredit ke Asisya Catur Persada

Direktur Risk Management BSI Grandhis Helmi Harumsyah menyebut nilai tersebut meningkat 20% dari realisasi dan perputaran uang tunai di tahun sebelumnya yang sebesar Rp 37 triliun. 

"Ramadan tahun ini dan masa libur lebaran, BSI menyiapkan cash dan likuiditas yang cukup untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan transaksi di BSI melalui channel cabang dan channel ATM," kata Grandhis.

Grandhis menambahkan, penukaran uang tunai sudah bisa dilakukan sejak awal Ramadan, dan untuk nasabah yang ingin menukar uang dengan pecahan khusus bisa langsung datang ke kantor cabang BSI karena uang tunai di ATM memiliki pecahan terbatas. 

Selain itu, Grandhis berharap, agar nasabah tidak melakukan penukaran uang secara berlebihan kemudian ditukar lagi ke pihak luar karena jumlah uang tunai sudah diperhitungkan kecukupannya. 




TERBARU

[X]
×