Reporter: Astri Kharina Bangun |
JAKARTA. Bank Danamon, Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, dan Bank Mega termasuk dalam lingkaran bank yang paling menjangkau kebutuhan konsumen ritel. Hal tersebut terungkap dalam survei Nielsen yang dilakukan akhir tahun lalu mengenai perbankan.
Director of Financial Services Nielsen Indonesia Dena Firmayuansyah memaparkan dari pemetaan yang dilakukan Nielsen tahun lalu, keempat bank tersebut dinilai konsumen memiliki keunggulan dalam beberapa hal. Mulai dari jumlah ATM yang banyak, menawarkan hadiah-hadiah yang menarik, lokasi kantor cabang yang strategis dan banyak, memimpin dalam hal inovasi, sampai mampu menawarkan bunga simpanan yang tinggi.
Sementara itu, Bank Bukopin, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank CIMB Niaga dinilai unggul dalam hal penawaran paket pinjaman, kepedulian terhadap nasabah, kemudahan membuka tabungan, dan tidak banyak biaya (less fee charges).
"Soal fee, konsumen tidak masalah ada biaya tambahan asal jangan setiap kali transaksi kena biaya," kata Dena, Selasa (22/5).
Sementara itu, bank-bank yang menurut survei masih kurang menjangkau kebutuhan transaksi ritel perbankan adalah Bank ANZ Indonesia, HSBC Indonesia, dan Citibank Indonesia. Kendati ketiga bank tersebut lekat dengan citra jaringan internasional yang kuat.
Survey tersebut berdasar dari studi tahunan Nielsen bertajuk Bank Rapid Reaction Monitor yang menyediakan informasi tentang kinerja industri dan konsumen perbankan di sembilan kota besar di Indonesia. Kesembilan kota tersebut ialah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Denpasar, Palembang, Balikpapan dan Makassar.
Responden merupakan pemilik akun tabungan dengan kriteria berusia 25-65 tahun dan bekerja dengan penghasilan pribadi lebih dari Rp. 2 juta per bulan. Survei dilakukan dengan menggunakan wawancara tatap muka terhadap 1.700 responden.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News