kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mega Syariah Catat Transaksi Syariah Card Naik 38% Selama Ramadan & Lebaran 2024


Rabu, 24 April 2024 / 10:40 WIB
Bank Mega Syariah Catat Transaksi Syariah Card Naik 38% Selama Ramadan & Lebaran 2024
ILUSTRASI. Bank Mega Syariah mencatatkan peningkatan 38% transaksi pada kartu pembiayaan Syariah Card selama Ramadan dan Idul Fitri 2024.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mega Syariah mencatatkan peningkatan transaksi pada kartu pembiayaan Syariah Card sebesar 38% selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024. Tren positif ini dipengaruhi oleh meningkatnya aktivitas belanja dan transaksi keuangan selama periode tersebut.

Syariah Card Business Division Head Bank Mega Syariah, Eva Dahlia Kusumawati mengatakan peningkatan ini sejalan dengan naiknya sales volume selama bulan Ramadan dan libur Lebaran mengalami kenaikan lebih dari 28% dibanding periode sebulan sebelum Ramadan.

Eva merinci, transaksi Syariah Card terbanyak terjadi di merchant kategori online Retail dan Marketplace yang menyumbang sebesar 14,04% dari total transaksi, merchant kategori Clothing & Apparel sebesar 10,08%, diikuti oleh kategori Restaurant dengan 8,12%. Sementara itu, transaksi di merchant kategori Health & Beauty dan Automobiles & Vehicle juga tercatat masing-masing berkontribusi sebesar 7,56% dan 6,04% dari total transaksi.

“Pemegang kartu pembiayaan Syariah Card memanfaatkannya secara luas untuk berbagai kebutuhan selama periode spesial ini dengan membeli pakaian hingga kebutuhan sehari-hari dan kuliner. Syariah Card memberikan kemudahan dan fleksibilitas kepada pengguna untuk bertransaksi dengan nyaman sesuai dengan prinsip syariah,” ujar Eva dalam siaran pers, Rabu (24/4).

Baca Juga: Meski Sasar Segmen Ritel di 2024, Bank Mega Syariah Belum Lepas Segmen Korporasi

Adapun selama periode Ramadan 2024, nasabah Syariah Card dapat menikmati berbagai promo seperti cashback hingga Rp 100 ribu di SPBU serta diskon hingga 20% atau hingga Rp200 ribu di Shopee, Blibli, CGV, mybluebird, dan youreka. Selain itu, terdapat juga potongan harga hingga 50% untuk sejumlah restoran seperti Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, Warung Wardani, Tasty Kitchen, Gyu Katsu Nikaido, Yoshinoya, dan Aljazeera Lounge.

Selain Syariah Card, aplikasi mobile banking M-Syariah juga menjadi salah satu fasilitas yang paling sering digunakan nasabah selama periode libur Lebaran.

Benadicto Alvonzo F, Digital Business Product and Development Bank Mega Syariah mengungkapkan transaksi transfer M-Syariah paling banyak digunakan nasabah selama periode liburan yaitu mencapai 51% dari total transaksi. Selain itu, e-wallet juga menjadi salah satu pilihan yang populer yaitu sekitar 20% dari total transaksi.

“Metode pembayaran menggunakan QRIS juga menjadi pilihan nasabah dengan kontribusi sekitar 19% dari total transaksi,” ungkap pria yang akrab disapa Ben ini.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Kinerja 2024, Bank Mega Syariah Geser Fokus Ke Segmen Ritel

Dari sisi wilayah penggunaan, Jawa Barat menjadi daerah yang paling aktif dalam menggunakan layanan M-Syariah selama periode Lebaran yaitu  21,04% dari total transaksi, disusul oleh Jakarta di posisi kedua dengan 18,59%, dan Jawa Timur 17,04%. Sedangkan Banten mencapai 11,42%, dan Jawa Tengah dengan 7,11%.

Para pengguna M-Syariah juga dimanjakan dengan berbagai promo dan program menaik selama dan pascalibur Lebaran 2024. Mulai dari "BALAPAN QRIS" yang memberi kesempatan kepada nasabah untuk memenangkan hadiah-hadiah seperti iPhone 15, iPad, Smartwatch Garmin, dan hadiah menarik lainnya hanya dengan melakukan transaksi QRIS di berbagai merchant.

Selain itu, terdapat juga promo Mufakat Top Up e-Wallet, Purchase, dan Payment yang memberikan cash reward sebesar 50% dengan maksimal Rp15,000 bagi nasabah yang melakukan transaksi minimal 5 kali pada masing-masing jenis transaksi tersebut.

Bagi Nasabah yang membutuhkan Paket Data, Bank Mega Syariah menyediakan promo "Bonus Pulsa Paket Data Indosat IM3" yang memberikan bonus pulsa hingga Rp 25,000 untuk pembelian paket data Freedom, serta "Promo QRIS CGV" yang memberikan cash reward 50% (maksimal Rp25.000) untuk pembelian tiket bioskop di CGV.

Terakhir, terdapat Promo QRIS SPBU yang memberikan cash reward sebesar 50% maksimal Rp25.000 untuk setiap transaksi QRIS di SPBU terdaftar pada periode 1-15 April 2024 dan Promo QRIS - All Merchant yang memberikan kesempatan nasabah mendapatkan Cash Reward 50% maksimal Rp 25.000 di merchant manapun pada periode 16 - 30 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×