Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Avanty Nurdiana
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia mencatat jumlah transaksi Muamalat digital islamic network (DIN) tumbuh 18,7% year-on-year hingga November 2025. Muamalat DIN juga telah diunduh lebih dari satu juta kali pada periode yang sama.
"Kami ingin Muamalat DIN menjadi solusi lengkap, praktis, dan aman untuk seluruh nasabah, baik untuk memfasilitasi transaksi finansial maupun nonfinansial," ujar Direktur Bank Muamalat Ricky Rikardo Mulyadi dalam siaran pers, Kamis (25/12/2025).
Sementara itu, menyusul tingginya mobilitas masyarakat yang dipicu oleh liburan menjelang akhir tahun, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk siap memfasilitasi kebutuhan perbankan masyarakat dengan mengoptimalkan fitur-fitur dari aplikasi mobile banking Muamalat DIN.
Baca Juga: Pegadaian Menilai Tren Penurunan Bi Rate Berpeluang Dongkrak Marjin pada 2026
Ricky mengatakan, periode libur panjang biasanya sarat dengan lonjakan aktivitas ekonomi, baik untuk perjalanan wisata, belanja, membayar sewa penginapan dan kendaraan, hingga hiburan.
Peningkatan transaksi nasabah akan lebih banyak terjadi pada transaksi digital. Menurut Ricky, Muamalat DIN diharapkan bisa menjadi solusi transaksi digital yang aman, praktis dan efisien untuk nasabah.
"Muamalat DIN memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi dengan mudah selama liburan, mulai dari pembayaran, pembelian, atau transfer. Terbaru, nasabah juga sudah bisa top up e-money via Muamalat DIN. Semuanya bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang," jelas Ricky
Bank Muamalat disebut senantiasa mendukung gaya hidup digital masyarakat termasuk selama periode libur akhir tahun. Oleh karena itu, bank pertama murni syariah di Indonesia ini terus menghadirkan inovasi pada fitur-fitur di Muamalat DIN agar tetap relevan dengan kebutuhan nasabah.
Apalagi, lebih dari 90% transaksi nasabah kini telah dilakukan melalui kanal-kanal digital Bank Muamalat. Sebagai platform digital andalan, Muamalat DIN telah menghadirkan lebih dari 250 fitur yang dirancang untuk menunjang berbagai kebutuhan transaksi nasabah dalam satu genggaman.
Selama periode libur dan cuti bersama pada 25-26 Desember 2025 serta 1 Januari 2026, seluruh kantor cabang Bank Muamalat di Indonesia tidak beroperasi. Sedangkan kantor cabang Bank Muamalat di Kuala Lumpur, Malaysia tetap beroperasi pada 26 Desember 2025.
Baca Juga: Permintaan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Anjlok, Bank Atur Strategi
Adapun layanan pelanggan SalaMuamalat tetap beroperasi selama 24 jam setiap hari melalui nomor 1500016 atau untuk nasabah yang berada di luar negeri melalui nomor +6221 8066 8000.
Nasabah juga bisa mengakses fitur Pusat Bantuan yang merupakan layanan untuk melakukan pengaduan langsung melalui Muamalat DIN apabila terdapat kendala yang bersifat transaksional maupun nontransaksional.
Dalam proses pengaduan ini, nasabah akan mendapatkan informasi penanganan secara langsung. Nasabah cukup mengakses button “Pengaduan Transaksi” di Mualamat DIN untuk menyampaikan pengaduan.
Selanjutnya: Antusiasme Masyarakat Tinggi, Stimulus Diskon Tiket Kapal PELNI Tersisa 32%
Menarik Dibaca: Banyak Pemilik Rumah Menyesal, Ini Jenis Lantai Dapur yang Seharusnya Digunakan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













