kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank syariah balapan akuisisi nasabah baru via layanan mobile banking


Kamis, 09 September 2021 / 17:54 WIB
Bank syariah balapan akuisisi nasabah baru via layanan mobile banking
ILUSTRASI. Nasabah menggunakan fitur OCTO Qurban untuk melakukan pembelian hewan qurban mealalui aplikasi Octo Mobile CIMB Niaga./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/07/2021.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren digitalisasi membuat bank syariah dan unit usaha syariah mengoptimalkan layanan digital. Kini, bank syariah berebut akuisisi nasabah baru lewat fitur buka rekening online di aplikasi mobile banking

Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk misal memberikan opsi membuka rekening baru melalui Lewat layanan Super App OCTO Mobile. Tujuannya, nasabah nasabah bisa membuka rekening tabungan berbasis syariah langsung dari ponsel tanpa harus datang ke kantor cabang.

“Kami memiliki produk Tabungan OCTO Savers-iB yang memberikan 60 kali transaksi tanpa biaya setiap bulan untuk tarik tunai, transfer, dan Top-Up e-Wallet. Nasabah juga bisa berinvestasi dengan memilih Deposito Berjangka-iB mulai dari Rp5 juta dengan bagi hasil yang kompetitif,” kata Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk Pandji P. Djajanegara pada Kamis (9/9).

Pembukaan rekening secara digital ini, juga bisa untuk membuka rekening kedua baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing.

Transaksi kita digital itu sudah berkisar 95% hingga 96%. Kami sangat siap dalam bersaing secara digital. Kita bank pertama melakukan transaksi QRIS dan buka rekening via OctoMobile. Kita sedang mencoba untuk proses daftar haji secara digital,” papar Pandji.

Tak mau kalah, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi mobile banking Muamalat DIN bernama Smart Account Opening (SAO). Direktur Operasi Bank Muamalat Awaldi bilang perkembangan layanan berbasis digital akan terus meningkat seiring dengan pergeseran kebiasaan nasabah yang semakin digital di tengah pandemi.

“Nasabah kami semakin sedikit yang datang ke kantor cabang dan lebih memilih bertransaksi secara digital terutama selama pandemi Covid-19. Kami memiliki nasabah yang sangat loyal, oleh karena itu kami juga ingin memberikan layanan terbaik bukan hanya secara fisik tapi juga digital,” katanya pada Kamis (9/9).

Baca Juga: Gandeng Traveloka dan Shopee, begini kinerja bisnis paylater BNI

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi mengatakan, fitur SAO memungkinkan calon nasabah membuka akun rekening secara online. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini jumlah akuisisi nasabah baru di Bank Muamalat semakin meningkat dan berdampak positif terhadap volume transaksi di aplikasi Muamalat DIN. 

“Saat ini jumlah transaksi yang diproses via Muamalat DIN sudah lebih dari satu juta transaksi per bulan. Kami optimistis dengan hadirnya fitur baru ini akan membantu pembukaan rekening baru sebanyak 14.000 sampai dengan 16.000 per bulan. Dengan demikian terdapat potensi peningkatan jumlah transaksi sebanyak 30% per bulan,” paparnya.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk juga terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring (online). Melalui pengembangan aplikasi BSI Mobile yakni fitur terbaru Know Your Customer-Biometric, BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah.

Dengan fitur anyar yang dilengkapi keunggulan sistem biometrik, calon nasabah BSI kini dapat membuka rekening tabungan secara online (digital onboarding) dengan cepat, mudah dan seamless. Terobosan ini tentunya ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para calon nasabah BSI. 

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi bilang melalui fitur ini, calon nasabah BSI dapat membuka rekening online. Ia berkomitmen akan terus meningkatkan customer experience dari calon nasabah dan nasabah BSI, melalui kanal-kanal digital yang kami hadirkan,

Animo masyarakat terhadap layanan keuangan BSI cukup meningkat, dimana jumlah pembukaan rekening online per awal Juni 2021 mencapai lebih dari 400 ribu NoA dengan rata-rata 2.000 pembukaan rekening online yang terdata setiap harinya.

Hingga awal Juni 2021, jumlah pengguna BSI Mobile mencapai lebih dari 2 juta user dan transaksi BSI Mobile meningkat signifikan sebesar 73,78% secara tahunan (YoY). Targetnya, pembukaan rekening online melalui BSI Mobile meningkat menjadi sebanyak 3.000 NoA per hari.

Selanjutnya: CIMB Niaga Syariah akan akuisisi nasabah baru lewat fitur buka rekening online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×