kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Syariah Optimistis Pembiayaan Emas iB Capai Rp 20 Miliar, Ini Faktor Pendorongnya


Sabtu, 02 Maret 2024 / 23:00 WIB
BCA Syariah Optimistis Pembiayaan Emas iB Capai Rp 20 Miliar, Ini Faktor Pendorongnya
ILUSTRASI. PT Bank BCA Syariah optimis pembiayaan emas iB dapat mencapai Rp20 miliar sampai Maret tahun ini. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID-TANGERANG. PT Bank BCA Syariah optimis pembiayaan emas iB dapat mencapai Rp 20 miliar sampai Maret tahun ini, didukung gelaran BCA Expoversary 2024 yang berlangsung di ICE BSD City Tangerang sampai 3 Maret 2024 mendatang. 

Kepala Satuan Kerja Bisnis Ritel dan Konsumer BCA Syariah Bukit Mas Siahaan menunjukkan optimismenya tersebut seiring dengan tren harga emas yang diproyeksikan akan terus naik tahun ini. 

"Kami optimis ya, Februari saja sudah capai sekitar Rp9 miliar, dengan gelaran BCA Expoversary ini sampai Maret bisa capai Rp20 miliar, harapannya bisa lebih banyak dari tahun lalu yang sebesar 52 miliar," kata Bukit saat ditemui di Tangerang, Sabtu (2/3).

Baca Juga: BCA Syariah Catat Rekening Tabungan Haji Tumbuh 25,8% di Sepanjang 2023

Di BCA Expoversary 2024, BCA Syariah menghadirkan berbagai penawaran, antara lain pembiayaan Emas iB dengan akad jual beli (murabahah) untuk kepemilikan logam mulia Antam mulai dari 10 gram dengan angsuran pasti mulai 1 hingga 5 tahun.

Bukit menjelaskan nasabah bisa berinvestasi logam mulia dengan angsuran mulai dari Rp 200 ribuan saja dengan kemudahan akad di tempat dan sistem persetujuan yang cepat (same day approval).

"Untuk pengajuan pembiayaan emas, nasabah mayoritas ambil yang Rp10 gram, karena mereka ingin coba dari yang kepingan kecil dulu, biasanya setelah itu mereka akan tingkatkan ke 25 gram," kata Bukit.

Asal tahu saja, pembiayaan emas iB setidaknya berkontribusi sebesar 15% terhadap total pembiayaan yang disalurkan BCA Syariah tahun lalu, dengan nasabah pembiayaan emas sekitar emas sekitar 3000 debitur. 

Adapun tahun ini, Bukit menyebut pihaknya optimis dapat meningkatkan pertumbuhan pembiayaan emas iB di kisaran 27% YoY seiring dengan minat nasabah yang terus meningkat dan kesadaran berinvestasi emas. Maklum saja tahun 2023 lalu BCA Syariah berhasil mencatat pertumbuhan pembiayaan di segmen ini sebesar 27,8% YoY.

Baca Juga: BCA Syariah Catatkan Pembiayaan Konsumer Rp 821 Miliar pada Tahun Lalu

Di sisi lain minat nasabah yang meningkat tersebut, banyak yang mengusulkan agar dikembangkannya fitur online untuk akses pembiayaan emas iB.

"Kami mengerti dengan keadaan saat ini yang serba digital, kami sudah pikirkan itu dan BCA Syariah ke depannya akan mengembangkan bagaimana caranya agar nasabah bisa akses pembiayaan emas secara online," kata Bukit.

Lebih lanjut Bukit menghimbau bagi nasabah yang ingin mengakses pembiayaan emas dapat datang ke gelaran BCA Expoversary 2024 di ICE BSD City, Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×