kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Kata BSI Soal Proses Divestasi Saham BNI dan BRI dari BRIS


Selasa, 31 Oktober 2023 / 15:11 WIB
Begini Kata BSI Soal Proses Divestasi Saham BNI dan BRI dari BRIS
ILUSTRASI. Petugas teller melayani nasabah di kantor cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) BSD Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/10/2023). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/10/2023.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) akan melepas kepemilikan sahamnya di PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS).

Proses pencarian investor baru untuk BSI juga kabarnya terus berlanjut. Awal Oktober 2023 lalu, BSI dikabarkan kembali terbang ke Timur Tengah untuk bertemu dengan calon investor baru. 

Walau demikian, Direktur Utama BSI Hery Gunardi masih enggan berkomentar banyak terkait proses divestasi (pengurangan) saham BRIS oleh BBNI dan BBRI.

Menurut Hery, proses divestasi merupakan wewenang dari BBRI selaku pemilik saham.

Baca Juga: Citi Indonesia Berikan Fasilitas Pinjaman Senilai Rp 650 Miliar untuk PNM

"Ini merupakan kewenangan dari pemegang saham. Kami juga akan selalu menghormati setiap arahan dari pemilik saham dan siap membantu, apabila diperlukan," ujar Hery kepada kontan.co.id, Selasa (31/10).

Sebelumnya, Direktur Utama BRI Sunarso juga menyebut, perseroan akan selalu menghormati setiap arahan dari pemegang saham, yakni pemerintah dalam menjalankan setiap aksi korporasi.

"Kami hormati, dan akan ikuti arahan termasuk dari kementerian BUMN terkait rencana divestasi kepemilikan saham di BSI. Bagi kami rencana divestasi ditujukan untuk optimalisasi portofolio," kata Sunarso.

Seperti diketahui, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah berupaya mencari investor baru untuk BSI karena dua bank Himbara yakni BNI dan BRI akan mendivestasikan saham mereka di bank syariah tersebut.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×