kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini upaya Amartha untuk kerek pinjaman saat ekonomi mikro terdampak Covid-19


Jumat, 19 Juni 2020 / 16:21 WIB
Begini upaya Amartha untuk kerek pinjaman saat ekonomi mikro terdampak Covid-19
ILUSTRASI. PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, pionir fintech peer to peer lending yang berfokus pada pemberdayaan perempuan


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha terus berupaya meningkatkan jumlah pinjaman. Menyasar sektor pengusaha mikro perempuan di desa, Amartha telah menyalurkan pinjaman senilai lebih dari Rp 2,41 triliun hingga pertengahan Juni 2020. Pinjaman tersebut disalurkan dalam bentuk modal usaha kepada 507.000 peminjam.

Agar ekonomi mikro bisa bergairah kembali, Amartha menggandeng BenihBaik.com untuk menggalang donasi melawan dampak pandemi Covid-19. Targetnya donasi bisa terkumpul hingga Rp 100 juta. Dana tersebut akan disalurkan dalam bentuk paket alat usaha kepada lebih dari 660 perempuan pengusaha ultra mikro di sektor usaha warung makan, pengusaha makanan dan warung kelontong di desa wilayah Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca Juga: Dompet digital marak berkolaborasi dengan platform investasi

“Dalam menghadapi new normal, Amartha berkomitmen mendampingi mitra serta masyarakat desa dengan memberikan paket alat usaha dan pelatihan usaha online, agar perempuan pengusaha ultra mikro di desa dapat membuka atau mengembangkan usaha baru,” ujar Founder and Chief Executive Officer Amartha Andi Taufan Garuda Putra dalam keterangan tertulis Jumat (19/6).

Andy F Noya, Founder BenihBaik.com, mengatakan potensi desa sangat besar, hanya saja kurang tergarap dengan baik. Jika potensi tergarap dengan baik, maka dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Paket Usaha yang akan disalurkan berisikan antara lain alat masak berupa wajan dan spatula serta sembako berupa minyak dan beras. Amartha mempersiapkan video pelatihan online pembuatan berbagai makanan ringan berbahan dasar umbi-umbian yang dapat dipraktekkan dengan mudah dan dengan modal usaha yang ringan. 

Sehingga bantuan yang disalurkan dapat dimaksimalkan dengan baik oleh para perempuan pengusaha mikro untuk dapat meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada BenihBaik.com telah berkenan bekerjasama dan mendukung penggalangan donasi ini. Sebelumnya pada Jumat (12/06) Amartha telah dipercaya oleh BenihBaik.com untuk menyalurkan 1000 masker dan 500 hand sanitizer kepada 20 puskesmas desa di Jawa Timur. Penggalangan donasi ini merupakan bagian dari program kemanusiaan #DesaLawanCorona yang diinisiasi oleh Amartha pada Maret 2020 lalu,” tambah Andi Taufan.

Baca Juga: Hingga Mei 2020, Amartha salurkan pinjaman Rp 2,41 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×