kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Belum Punya Asuransi? Ini 4 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi yang Perlu Diketahui


Jumat, 20 Oktober 2023 / 15:12 WIB
Belum Punya Asuransi? Ini 4 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Ilustrasi mengenali ciri dan kriteria asuransi jiwa terbaik.


Penulis: Virdita Ratriani

Asuransi - Asuransi memiliki peran vital dalam kehidupan karena dapat mengurangi beban keuangan akibat berbagai hal tak terduga, seperti risiko kesehatan atau kecelakaan. 

Mengatasi risiko itu, asuransi menjadi solusi efektif untuk melindungi dan menanggung pengeluaran tak terduga. Secara sederhana, asuransi adalah produk keuangan yang bertujuan melindungi nasabah dari kerugian finansial dengan memberikan berbagai pertanggungan. 

Jenis asuransi bervariasi, mencakup asuransi kesehatan, jiwa, asuransi mobil, dan lainnya sesuai kebutuhan nasabah. Agar terhindar dari risiko finansial, memiliki asuransi memiliki beberapa alasan penting. 

Lantas, apa pentingnya memiliki asuransi? 

Baca Juga: Kolaborasi Garda Medika dengan RS Primaya, Pasien Rawat Jalan Daftar Tanpa Antre

4 Alasan penting memiliki asuransi

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut ini alasan penting memiliki asuransi, seperti dipaparkan Benny Fajarai, Co-Founder yang juga CMO Lifepal.co.id:

1. Menjadi solusi terhadap risiko pengeluaran mendadak

Dengan memiliki asuransi, seseorang dapat merasa lebih aman dan terlindungi dari risiko finansial yang tak terduga. Baik risiko kesehatan, maupun kecelakaan hingga meninggal dunia.

Setiap orang berpotensi jatuh sakit, dan biaya pengobatan di rumah sakit dapat menjadi beban finansial yang besar. Asuransi kesehatan dapat menanggung berbagai biaya kesehatan di rumah sakit, termasuk manfaat rawat jalan.

Tak hanya risiko kesehatan saja, asuransi juga dapat menghindari pengeluaran mendadak akibat kecelakaan ataupun investasi untuk perawatan kendaraan. Hal itu yang ditawarkan oleh asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil memberikan proteksi atas berbagai risiko seperti kerugian, kerusakan, atau kehilangan terhadap kendaraan. Cakupan pertanggungan asuransi kendaraan terhadap berbagai risiko kerugian, seperti terendam banjir, rusak karena menabrak atau tertabrak, dan sebagainya.

Baca Juga: Bisnis Insurtech di Indonesia Punya Prospek Cerah, Begini Strategi Pemainnya

2. Memberikan rasa tenang

Kepemilikan asuransi memberikan rasa tenang karena nasabah tahu berbagai risiko yang tercakup dalam polis dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi. 

Misalnya, asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan, mengurangi kekhawatiran terkait pengeluaran tak terduga. Begitu juga dengan asuransi mobil, akan menanggung biaya kerusakan pada kendaraan.

Dengan begitu, akan membuat kita lebih tenang dalam berkendara di setiap harinya.

Baca Juga: Kementan Siapkan Roadmap untuk Kejar Target Produksi 35 Juta Ton Beras di Tahun 2024

3. Mengatur keuangan lebih baik

Ketika kendaraan yang dimiliki rusak, secara tidak langsung akan berdampak pada pengaturan keuangan. Misalnya, kendaraan pribadi mogok akibat terendam banjir, maka Anda harus menggunakan dana darurat atau tabungan untuk biaya perbaikan tersebut.

Begitu juga dengan pemegang polis asuransi kesehatan, maka dapat memiliki akses ke fasilitas kesehatan terbaik di rumah sakit. Dengan begitu, tak perlu khawatir saat harus berobat, karena perusahaan asuransi yang akan menanggung biayanya.

Dengan catatan, seluruh risiko itu sesuai dalam kesepakatan polis asuransi yang dimiliki.

Baca Juga: Asuransi Cakrawala Proteksi Mencatat Penjualan Lewat Bank Tumbuh 62,5%

4. Mengurangi risiko jika pencari nafkah meninggal dunia atau cacat

Asuransi jiwa dapat menjaga keamanan finansial untuk keluarganya jika pemegang polis meninggal dunia. Proteksi ini dapat memberi jaminan keluarga dapat melanjutkan hidupnya dengan layak secara ekonomi.

Asuransi jiwa juga dapat memberikan santunan jika pencari nafkah utama mengalami cacat total. Proteksi ini membantu keluarga jika tulang punggung keluarga tidak dapat bekerja lagi.

Itulah pentingnya memiliki asuransi, baik proteksi kesehatan, asuransi mobil maupun asuransi jiwa.

Jika belum memiliki produk proteksi ini, marketplace asuransi terpercaya dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lifepal.co.id menghadirkan program promo khusus potongan harga untuk pembelian asuransi mobil. 

Promo ini dalam rangka menyambut Hari Asuransi Nasional yang diperingati setiap 18 Oktober 2023. Potongan harga diberikan sebesar 25 persen untuk setiap transaksi dalam asuransi mobil, dengan cashback 10 persen. Program ini berlaku mulai dari 18-31 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×