Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menghadirkan kemudahan pembayaran perpanjangan SIM secara online. Juga pembayaran pengurusan SKCK dan Pembayaran pengurusan Kartu Tanda Anggota Satuan Pengamanan (KTA Satpam).
Hal ini dilakukan seiring kolaborsi BSI dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).
Dengan adanya kolaborasi ini, masyarakat dapat menggunakan BSI sebagai alternatif channel pembayaran.
Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan kolaborasi ini untuk mendorong inklusivitas dan penetrasi keuangan syariah ke seluruh sektor, termasuk lembaga penegak hukum.
Baca Juga: Bank Indonesia Mendaulat BSI Sebagai Pendukung Pengendali Moneter dan UMKM Terbaik
BSI juga mendukung penuh SuperApps Presisi Polri untuk mempermudah masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM secara online serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. SuperApps Presisi Polri merupakan aplikasi yang dapat menampung pembayaran PNBP Polri secara elektronik.
“Tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan kerja sama yang sinergisitas, efektivitas dan efisiensi dalam rangka pengembangan aplikasi pembayaran PNBP Polri secara elektronik. Ini tentu akan mempermudah masyarakat dalam pengurusan SIM secara online dan BSI hadir sebagai salah satu alternatif pembayaran bagi mereka,” kata Ngatari dalam keterangan tertulis pada Kamis (1/12).
BSI terus memacu transformasi digital untuk meningkatkan layanan digital dan memacu inklusi keuangan syariah di Tanah Air. Transformasi digital tersebut juga sebagai respons BSI dalam menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.
Baca Juga: Danamon Hadirkan Konsep Next-Generation Branch untuk Pengalaman Perbankan Holistik
“BSI akan terus hadir dan memberikan kemudahan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kolaborasi bersama Polri ini merupakan bentuk kehadiran BSI dalam mendukung masyarakat yang saat ini menjadikan syariah sebagai gaya hidup mereka,” tutur Ngatari.
Per September 2022, BSI mencatat user pengguna BSI Mobile mencapai 4,44 juta user, naik sebesar 43% secara year on year (yoy).
Jumlah pengguna yang semakin meningkat tersebut dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking.
Baca Juga: LPS Gelar Banking Award, Ini Bank yang Paling Aktif Majukan Industri Keuangan
Sebanyak 97% profil nasabah BSI saat ini telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. Transaksi kumulatif BSI Mobile per September 2022 mencapai 187,20 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp 173 miliar.
Berbagai fitur terus dikembangkan untuk mendorong masyarakat mengaktivasi BSI Mobile. Di antaranya buka rekening online, top up e-wallet, pembiayaan multiguna online bagi ASN, layanan ZISWAF, Tarik tunai dan layanan emas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News