kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI : BPR Sebaiknya Mengikuti SID


Senin, 28 Juni 2010 / 10:40 WIB


Reporter: Andri Indradie | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali menekankan pentingnya Sistem Informasi Debitur (SID). Kali ini, BI berharap setengah dari 2.553 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) bisa menjadi peserta SID.

Maklum saja, fungsi SID sangat penting selain memitigasi meningkatnya rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL), bisnis BPR pun bisa terdongkrak.

Direktur Perizinan dan Informasi Perbankan Bank Indonesia (BI) Joni Swastanto mengatakan, BPR juga bisa menghindari calon-calon debitur yang sebelumnya ditolak permohonan kreditnya oleh bank umum maupun BPR lainnya. "Kepersertaan SID ini terutama bagi BPR yang beraset di atas Rp 10 miliar. Yang asetnya di bawah Rp 10 miliar sifatnya sukarela," katanya.

Analis senior Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan BI Tris Yulianto menjelaskan, hingga kini baru sekitar 879 BPR saja yang mengikut SID. Jumlah ini baru sekitar 34,4% dari seluruh BPR yang ada.

Kendala utama yang membuat BPR masih enggan mengikuti SID adalah masalah infrastruktur. Maklum saja, pengadaan infrastruktur ini membutuhkan biaya. "Tak semua BPR memiliki fasilitas yang memungkinkan BPR on-line dengan internet BI dalam sistem pelaporan data debitur," cetus Tris.

Satriyo Yudiarto, Komisaris BPR Surya Yudha, mendukung penuh kepesertaan SID ini. Menurutnya, BPR memang sebaiknya mengikuti SID sebab selama ini BPR seperti menjadi "tempat sampah" bank-bank umum. Artinya, BPR hanya menerima lemparan debitur-debitur yang tidak lolos syarat menerima fasilitas kredit dari bank.

"Kalau ada SID, kita bisa mengecek dengan cepat apakah calon debitur pernah ditolak bank lain atau tidak, kita bisa melihat bagaimana historis kolektibilitas kredit si debitur, dan bagaimana kelayakan mereka," tegas Satriyo.

Satriyo menilai SID sangat menguntungkan BPR. Sebab, keputusan pemberian kredit bisa diputuskan dengan cepat. Bisnis BPR pun akan terdongkrak, sebab BPR bisa memberikan layanan kredit yang mudah, cepat, ringan, dan administrasi yang tidak rumit.

Sayangnya, hingga saat ini pun BPR belum memanfaatkan SID secara maksimal alias mengakses SID dalam memberi keputusan pemberian kredit. "BPR masih sebatas melapor saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×