kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45812,30   5,40   0.67%
  • EMAS1.056.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BI pastikan standardisasi QR code akan meluncur pada HUT Kemerdekaan RI


Senin, 12 Agustus 2019 / 21:17 WIB
BI pastikan standardisasi QR code akan meluncur pada HUT Kemerdekaan RI
ILUSTRASI. Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Code

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Standar nasional kode respons cepat atau Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) akan resmi diluncurkan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia  17 Agustus 2019 mendatang. Dengan dirilisnya standardisasi itu maka semua transaksi QR code di dalam negeri wajib mengacu aturan itu.

Peluncuran itu dilakukan setelah ujicoba atau pilot project tahap kedua rampung dilakukan. BI dan pelaku industri telah melakukan evaluasi bersama dimana hasilnya cukup menggembirakan, Secara prinsip transaksi QRIS berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Ujicoba kedua rampung, QRIS akan meluncur 17 Agustus

Sugeng, Deputi Gubernur BI mengatakan, bebeberapa kendala yang ditemukan saat pilot project kedua sudah langsung diperbaiki. Transaksi QRIS baik untuk interkoneksi dan interoperabilitas multi penyelenggara sudah bisa bertransaksi dengan satu QR.

"Jadi menindaklanjuti hal tersebut, maka benar tgl 17 Agustus nanti akan diselenggarakan grand launching QRIS secara serentak di kantor pusat BI dan seluruh kantor perwakilan daerah," ungkap Sugeng kepada Kontan.co.id, Senin (12/8).

Terkait detail lain seperti mengenai tarif, mekanisme transaksi, dan lain-lain, lanjut Sugeng, akan diumumkan pada saat grand launching.

Baca Juga: QR Code Indonesia Standard (QRIS) di depan mata, sejumlah bank sudah bersiap

Saat ini, BI masih fokus untuk mempersiapkan QRIS agar bisa digunakan di seluruh merchant untuk transaksi domestik.

Sementara untuk transaksi cross border masih perlu dilakukan ujicoba lebih lanjut. "QRIS memang nanti akan mencakup transaksi cross border, tapi saat ini fokus kami masih untuk transaksi domestik dulu," ujar Sugeng.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×