kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPD Optimistis Pertumbuhan Kredit Multiguna pada Tahun 2022 Bakal Lebih Tinggi


Kamis, 16 Desember 2021 / 13:47 WIB
BPD Optimistis Pertumbuhan Kredit Multiguna pada Tahun 2022 Bakal Lebih Tinggi
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah Bank BJB.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Pembangunan Daerah (BPD) optimis pertumbuhan bisnis kredit multiguna di 2022 bisa lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Terlebih, kredit multiguna telah menjadi andalan BPD dalam menggenjot bisnis di tengah pandemi. 

Biasanya, BPD menyasar kredit multiguna kepada aparatur sipil negara (ASN) di daerah. Bank Indonesia mencatatkan kredit multiguna tumbuh 2,8% year on year (yoy) menjadi Rp 908 triliun per November 2021. 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (BJBR) melihat prospek kredit multiguna akan lebih baik dari tahun 2022. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menyatakan permintaan kredit akan kembali tumbuh sejalan dengan usainya pandemi dan kembalinya aktivitas usaha serta konsumsi masyarakat.

“”Tahun ini, kredit multiguna atau kredit berbasis pendapatan tetap tumbuh 3% hingga 4% yoy. Karena,  masih banyak debitur yang menunda kebutuhan untuk melakukan top up atau loan renewal-nya,” ujar Yuddy kepada Kontan.co.id pada Kamis (16/12). 

Baca Juga: Segera Jatuh Tempo, Pefindo Sematkan Peringkat idAAA untuk Obligasi Maybank Indonesia

Lanjut ia, calon debitur baru juga menunda untuk melakukan pinjaman karena masih ragu untuk melakukan konsumsi. Namun, sejalan dengan optimisme pertumbuhan ekonomi di 2022, iya yakin permintaan kredit multiguna akan kembali tumbuh.

“Karena pola konsumsi masyarakat yang sudah kembali normal di tahun depan. Dengan optimisme tersebut kami memproyeksikan dari kredit berbasis pendapatan tetap atau multiguna ini dapat tumbuh pada kisaran 6% hingga 7%,” jelasnya. 

PT BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Sumsel Babel) memproyeksikan kredit multiguna bisa tumbuh stabil hingga 6% yoy di sepanjang 2022. Direktur Bank Sumsel Babel menyatakan  guna mencapai target itu, bank akan meningkatkan pemasaran dan memberikan promosi produk.

“Hingga November 2021, kredit konsumtif tumbuh sebesar 4,26% secara tahunan atau sebesar 3,91%  secara year to date (YTD),” katanya kepada Kontan.co.id.

PJ Sekretaris Perusahaan Bank Sumut Iswanto Darus menyatakan prospek pertumbuhan kredit produktif dan kredit multi guna atau konsumtif diproyeksikan tumbuh sebesar Rp 2,1 triliun di 2022. 

Baca Juga: Hingga September 2021, Outstanding Pembiayaan Gadai Emas BSI Capai Rp 3,6 Triliun

Upaya Bank Sumut untuk menangkap peluang tersebut diantaranya mengembangkan aplikasi pengajuan kredit produktif secara online kredit fast melalui smartphone sehingga memudahkan proses pengajuan. 

“Juga peningkatan kerjasama dengan berbagai instansi termasuk perusahaan perusahaan dalam rangka meningkatkan kredit Kredit multiguna,” paparnya kepada Kontan.co.id. 

Ia menyatakan pertumbuhan kredit Bank Sumut sejak awal tahun hingga November 2021 mencapai Rp1,301 triliun. Terdiri atas kredit multi guna sebesar Rp 865 miliar dan kredit produktif serta kredit komersial sebanyak Rp 436 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×