kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJS Kesehatan Gandeng Bank Nobu Tingkatkan Layanan JKN


Jumat, 15 Desember 2023 / 02:11 WIB
 BPJS Kesehatan Gandeng Bank Nobu Tingkatkan Layanan JKN
ILUSTRASI. kantor Bank Nobu, Bank NationalNobu, Nobu National Bank di Lippo Kemang Village


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank NationalNobu Tbk dan BPJS Kesehatan melakukan kerjasama Supply Infrastructure Financing (SIF). Kerjasama ini dilakukann sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan peserta JKN. Penandatangan kerja sama dilakukan pada 12 Desember 2023. 

Langkah ini menunjukkan komitmen kuat Nobu Bank untuk membawa inovasi dalam sektor kesehatan Indonesia.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, mengatakan bahwa Program Supply Infrastructure Financing (SIF) ini merupakan salah satu langkah inovatif dalam memberikan konfirmasi kepada bank, untuk memberikan pembiayaan infrastruktur kepada fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Melalui SIF, fasilitas kesehatan diharapkan bisa mengembangkan infrastruktur dan layanan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

"Kerja sama ini diharapkan bisa dikembangkan pada bidang-bidang lainnya untuk mendukung pelaksanaan Program JKN, demi memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara," jelas Ghufron dalam keterangan resminya, Kamis (14/12).

Baca Juga: Bank Siapkan Dana Tunai Lebih Besar untuk Nataru

Selain itu ada juga program Resiprokal Bisnis Investasi. BPJS Kesehatan dan bank mitra melakukan penempatan investasi Dana Jaminan Sosial (DJS) untuk mendukung pengembangan sektor kesehatan. Tujuannya memberikan pelayanan yang optimal melalui pengembangan infrastruktur layanan kesehatan yang ada.

Dengan kerja sama tersebut diharapkan akan mendapat dukungan pembiayaan terhadap FKTP atau FKRTL yang bekerja sama, yang secara langsung akan meningkatkan mutu layanan peserta JKN. Sementara itu, bank mitra akan memperoleh dukungan dana dari penempatan investasi DJS dan BPJS Kesehatan. Mereka juga berpotensi mendapatkan keuntungan dari kerja sama autodebet serta pengelolaan aset lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama Nobu Bank, Suhaimin Johan, menyampaikan bahwa Nobu Bank ingin ikut terlibat aktif mendukung langkah penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai bagi peserta JKN yang terus bertambah, salah satunya melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam hal dukungan pembiayaan terhadap FKTP atau FKRTL.

Baca Juga: Menanti Kabar Merger Bank Nobu dan MNC Bank yang Kian Senyap

“Nobu Bank telah menyiapkan skema pembiayaan SIF bagi fasilitas kesehatan yang berada dalam jaringan kerja sama dengan BPJS Kesehatan, yaitu melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembiayaan hingga Rp 500 juta dan Kredit UKM untuk pembiayaan di atas Rp 500 juta rupiah,” jelas Suhaimin.

Sebagai pilot project pertama, Nobu Bank telah memilih Klinik Pratama Palais di Karawaci, Tangerang, dan sebuah Klinik Mata di Pandeglang, Banten. Dengan piloting ini Nobu Bank berharap bahwa skema pembiayaan SIF ini dapat mendukung fasilitas kesehatan tersebut dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan bagi peserta JKN, sehingga keberhasilannya nanti dapat menjadi inspirasi bagi fasilitas kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×