kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Life Proyeksikan Kinerja Produk Unitlink Pendapatan Tetap Baik Tahun Depan


Rabu, 13 Desember 2023 / 08:02 WIB
BRI Life Proyeksikan Kinerja Produk Unitlink Pendapatan Tetap Baik Tahun Depan
ILUSTRASI. BRI Life memproyeksikan kinerja produk unitlink pendapatan tetap masih akan baik pada tahun depan.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi BRI Life (BRI Life) memproyeksikan kinerja produk unitlink pendapatan tetap masih akan baik pada tahun depan. 

Direktur Keuangan BRI Life Lim Chet Ming menjelaskan kinerja unitlink pendapatan tetap pada tahun depan akan menorehkan hasil positif dengan adanya proyeksi interest rate yang akan turun baik di Indonesia maupun Amerika Serikat (AS), ditambah dengan inflasi yang stabil. 

"Penurunan suku bunga tersebut akan berdampak terhadap kenaikan harga obligasi yang mempengaruhi kinerja Unitlink Pendapatan Tetap," katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (12/12).

Lim menjelaskan pertumbuhan unitlink pendapatan tetap saat ini cenderung stabil dan produk unitlink.

Baca Juga: BNI Life Optimistis Produk Unitlink Pendapatan Tetap Tumbuh di Tahun Depan

Bri Life juga sudah sesuai dengan SEOJK Nomor 5 Tahun 2022 tentang Produk Paydi. 

Sementara itu, jika bunga turun, biasanya harga obligasi akan naik. Artinya, kinerja unitlink pendapatan tetap bisa naik. Untuk memanfaatkan momentum tersebut, dia bilang BRI Life akan menerapkan pengelolaan aset dan liabiltasnya dilakukan secara matching tenor, strategi portofolio dioptimalkan dengan memperpanjang durasi aset melalui penempatan pada obligasi pemerintah atau obligasi korporasi karena mayoritas produk Brilife dalam bentuk Long Term Protection.

Lim juga menyampaikan BRI Life akan tetap menerapkan kebijakan investasi yang prudent dengan tetap memberikan return yang optimal ke depannya. Sampai dengan November 2023, dia bilang instrumen penempatan aset investasi Bri Life masih didominasi pada obligasi negara, obligasi korporasi (di atas rating investment grade), dan reksadana. 

"Komposisi penempatan tersebut berbeda dengan kondisi pada industri asuransi jiwa yang dominan menempatkan dalam komponen SUN dan saham," ungkapnya.

Baca Juga: AAJI Proyeksikan Produk Unitlink Masih Berpotensi Ambil Alih Porsi Tradisional

Pada 2024, Lim menyebut BRI Life akan berfokus terhadap penjualan asuransi Produk Proteksi Tradisional dengan tetap mewaspadai segala risiko yang mungkin terjadi pada tahun depan, termasuk lini kerja unitlink pendapatan tetap. 

Menurut data Infovesta, salah satu produk dari BRI Life, yakni Darlink Stabil Syariah, memberikan imbal hasil 5,21% ytd. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×