kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Yakin Kredit UMKM Tumbuh Positif Tahun 2023, Ini Alasannya


Minggu, 09 April 2023 / 13:29 WIB
BRI Yakin Kredit UMKM Tumbuh Positif Tahun 2023, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Warga melintas di depan kantor pusat Bank BRI Jakarta (18/11/2022)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) optimis penyaluran kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan terus tumbuh di tahun 2023 ini.

Hal tersebut terbukti dari Kredit UMKM BRI yang tercatat tumbuh positif secara year on year (YoY), dengan kontributor utama pada segmen mikro yang tercatat tumbuh double digit.

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto mengatakan, sesuai dengan hasil Indeks Bisnis UMKM kuartal IV 2022 dan Ekspektasi kuartal I 2023, pelaku UMKM di hampir semua sektor semakin optimis kinerja usahanya akan membaik.

“Sebagaimana ditunjukkan oleh Ekspektasi Indeks Bisnis yang tetap di atas 100 dan meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” ujarnya kepada Kontan.co.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Naik 144%, BRI Catat Volume Transaksi BRImo Capai Rp 322,8 Triliun hingga Maret

Aestika merinci, sektor industri pengolahan mencatat Ekspektasi Indeks Bisnis UMKM tertinggi yang mencapai 139,1, didukung oleh ekspektasi permintaan dan harga jual produk atau jasa yang secara seasonal meningkat menjelang bulan puasa. Sedangkan Ekspektasi Indeks Bisnis UMKM pada sektor konstruksi, kata dia, menurun namun tetap di zona optimis.

“Hal ini disebabkan proyek-proyek konstruksi dari pemerintah maupun swasta pada kuartal pertama umumnya masih dalam tahap persiapan,” katanya.

Lebih lanjut, Aestika menambahkan bahwa secara umum perseroan optimis pada tahun ini pertumbuhan kredit dapat mencapai double digit, antara 10%-12% YoY.

“Salah satu strateginya yakni BRI akan terus mendorong sumber pertumbuhan baru melalui holding ultra mikro,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×