kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSI Gandeng Pertamina Lubcricants dalam Penyaluran Pembiayaan Modal Kerja


Jumat, 22 Maret 2024 / 13:51 WIB
BSI Gandeng Pertamina Lubcricants dalam Penyaluran Pembiayaan Modal Kerja
ILUSTRASI. Staf membuka layanan Rekening Dana Nasabah (RDN) Online Bank Syariah Indonesia (BSI) usai peluncuran di Jakarta, Selasa (16/01/2024). KONTAN/Baihaki/16/1/2024


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kian ekspansif dalam hal menyalurkan pembiayaan modal kerja. Teranyar, BSI menggandeng PT Pertamina Lubricants yang merupakan anak perusahaan Pertamina Patra Niaga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan Pelumas.

BSI sendiri telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 240.32 triliun tumbuh 15.70% year on year (YoY) hingga Desember 2023. Di mana untuk pembiayaan wholesale mengambil porsi 28.09% dari keseluruhan pembiayaan. 

Kerjasama ini merupakan bagian upaya pengembangan usaha sekaligus mempermudah 130 distributor pelumas Pertamina di seluruh Indonesia untuk mendapatkan fasilitas modal kerja sesuai dengan syariah.

Sebelumnya, BSI dan Pertamina grup telah menjalin kerja sama berupa pembiayaan korporasi, pembiayaan kepada mitra rekanan Pertamina antara lain agen LPG, pengusaha SPBU/SPBE hingga penyedia jasa konstruksi dan akses layanan keuangan secara host to host bagi mitra SPBU di wilayah Sumatera.

Baca Juga: Kredit Naik, Kualitas Aset Bank Jago Turut Membaik

Direktur Retail BSI Ngatari menyampaikan kerjasama ini akan semakin mendorong peran BSI untuk masuk ke dalam ekosistem bisnis strategis salah satunya industri perminyakan. 

“Kami optimis bahwa sistem pembiayaan di bank syariah ini mampu menunjang akselerasi pertumbuhan bisnis mulai dari core business hingga surrounding business ecosystem,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/3)

Ngatari bilang kinerja pembiayaan di BSI tumbuh positif dan solid sehingga menjadi peluang kerjasama yang baik bagi pertumbuhan bidang - bidang usaha strategis, terutama dari sisi kesiapan BSI untuk memberikan kemudahan akses permodalan. 

Pada tahap awal kerjasama dengan PT Pertamina Lubricants ini, Ngatari bilang pihaknya akan menyiapkan layanan hulu hingga hilir baik dari sisi cash management, segmen SME, korporasi maupun transaction banking.

Baca Juga: ISEI: Dana Haji Bisa Jadi Sumber Likuiditas Perbankan Syariah

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi juga menyampaikan kolaborasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam mendukung keberlanjutan bisnis PT Pertamina Lubricants. 

Harapannya, solusi perbankan bersama BSI dapat mempermudah distributor PT Pertamina Lubricants dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnisnya dengan lebih inovatif dan kompetitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×