kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

BTN Perluas Jaringan Kantor di Lingkungan Kampus


Kamis, 12 September 2024 / 00:05 WIB
 BTN Perluas Jaringan Kantor di Lingkungan Kampus
ILUSTRASI. Logo PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). KONTAN/Baihaki/10/3/2024


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus memperluas kehadirannya di lingkungan kampus. Hal itu tidak hanya dilakukan dengan merperkuat program edukasi, tetapi BTN juga hadir melalui jaringan kantor. 

Terbaru, BTN meresmikan kantor cabang pembantu (KCP) Universitas Diponegoro (UNDIP) di Jalan Banyuputih, Tembalang, Semarang. KCP ini hadir dengan wajah baru yang dilengkapi dengan coffee space dan coworking space. 

Peresmian KCP tersebut juga bagian dari upaya BTN untuk menggarap pasar pasar Jawa Tengah yang potensinya masih sangat besar. 

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, potensi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi di sekitar wilayah Jawa Tengah masih sangat besar. Potensinya bisa semakin berkembang mengingat pemerintahan baru menargetkan membangun tiga juta rumah per tahun.

“Kontribusi Jawa Tengah terhadap pangsa pasar KPR subsidi saat ini berada di posisi ketiga terbanyak setelah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Disini masih banyak KPR subsidi dan potensinya besar," kata dia dalaï keterangan resminya, Rabu (11/9).

Baca Juga: Bank Ina Gencar Ekspansi Jaringan Kantor

Bersamaan dengan peresmian KCP itu, BTN juga melakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama dengan UNDIP untuk penyediaan produk dan layanan jasa perbankan kepada kampus UNDIP sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

BTN akan membantu manajemen kampus UNDIP dalam mengelola pembayaran uang kuliah melalui fasilitas perbankan Host-to-Host (H2H), serta layanan transaksi keuangan melalui Cash Management System (CMS).

Untuk mencetak wirausahawan baru di bidang properti dari lingkungan kampus UNDIP, BTN akan menyediakan Program Learning, Advisory, and Research oleh Housing Finance Center (HFC) yang telah didirikan perseroan pada 2015. 

Selain itu, para mahasiswa UNDIP juga berkesempatan untuk magang di Unit Kerja Bank BTN dan mengikuti Kuliah Umum yang diampu oleh BTN. Nixon mengatakan, kerja sama dengan UNDIP juga tidak tertutup pada bidang lain yang akan disepakati kedua belah pihak lebih lanjut.

BTN sebenarnya telah bermitra dengan UNDIP melalui Kantor Cabang (KC) Semarang sejka 2016. BTN menyediakan sejumlah produk dan layanan jasa perbankan, di antaranya yakni giro, deposito, payroll tunjangan pegawai, dan penyaluran dana Bidikmisi melalui 3.800 rekening yang dimulai pada 2017. 

Baca Juga: Konsisten Aktif Dukung UKM, Bank CIMB Niaga Sabet Penghargaaan Internasional

Selain itu, BTN KC Semarang menyediakan Cash Management System untuk pengelolaan kas kampus, penerimaan aset UNDIP melalui Badan Pengelola Usaha, Bisnis Komersial dan Analisis Risiko (BP UBIKAR), serta produk Kredit Ringan (KRING) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN kepada karyawan atau dosen.
 
Lebih lanjut, Nixon mengatakan, kerja sama dengan kampus UNDIP akan menghasilkan potensi bisnis yang positif bagi BTN, baik di sisi pendanaan maupun pinjaman. 

Sebagai contoh, melalui kerja sama dengan BP UBIKAR, lini usaha UNDIP, BTN dapat menyediakan pembiayaan dan pengelolaan transaksi keuangan untuk sarana olahraga, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pelatihan dan konsultasi, Rumah Sakit UNDIP, Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Permata, dan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) UNDIP.
 
Sebelumnya, BTN melalui Housing Finance Center telah bekerja sama dengan berbagai universitas, di antaranya yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institute Pertanian Bogor (IPB), serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

Melalui kerja sama dengan kampus-kampus tersebut, BTN melaksanakan berbagai program pendidikan dan literasi di bidang properti yang menghasilkan lebih dari 2.000 lulusan peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×