kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CLIK Gandeng Eureka AI Luncurkan Metode Skor Kredit CLIK Spectrum


Kamis, 08 Februari 2024 / 14:41 WIB
 CLIK Gandeng Eureka AI Luncurkan Metode Skor Kredit CLIK Spectrum
ILUSTRASI. AFTECH mengadakan acara Fintech Talk dengan tema Percepatan Digitalisasi di Sektor Jasa Keuangan: Peran Kode Etik Penyelenggara (Code-of-Conduct/CoC) Fintech Innovative Credit Scoring dalam Mendorong Pertumbuhan Inovasi dan Tata Kelola dalam Industri Fintech di Indonesia.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) bekerja sama dengan Eureka AI  meluncurkan CLIK Spectrum, sebuah produk pengukuran skor kredit yang bertujuan meningkatkan akses konsumen dan komunitas UMKM ke layanan keuangan terbaik.

Presiden Direktur CLIK Leonardo Lapalorcia mengatakan, kerja sama  tersebut akan meningkatkan lanskap kredit Indonesia, terutama di tengah upaya pemerintah Indonesia mendorong akses yang lebih besar ke kredit. 

Indonesia sebagai salah satu negara G20 kini tengah mematangkan narasi inklusi keuangan menuju pendalaman keuangan. Saat ini 85% dari populasi masyarakat yang bankable sudah memiliki berkas dan skor kredit di CLIK. 

“Skor kredit baru kami dalam kemitraan dengan Eureka ini akan membantu lembaga keuangan utama untuk bisa menyetujui lebih banyak pinjaman dengan jumlah yang lebih besar tanpa mempengaruhi kualitas portofolio bank mereka," kata Leonardi dalam keterangan resminya, Kamis (8/2).

Baca Juga: Masalah Gagal Bayar Investree Bikin Pemegang Saham Turut Ambil Tindakan

Melalui penambahan produk baru CLIK Spectrum, CLIK memperkirakan jumlah nasabah yang menggunakan layanan perusahaan dan transaksinya akan meningkat 10%.

Menurut Leonardo, CLIK Spectrum cocok bagi nasabah dengan profil risiko menengah, di mana bank dapat melakukan re-kualifikasi dan memindahkan sebagian besar kelompok nasabah dengan risiko menengah ke segmen risiko rendah. Sehingga pada akhirnya dapat menaikkan tingkat persetujuan kredit konsumer, termasuk aplikasi kartu kredit. 

Sebagai informasi, Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara ASEAN lainnya dalam hal penetrasi kartu kredit. Indonesia saat ini masih berada di angka 5%, sementara negara-negara ASEAN lainnya rata-rata mencapai penetrasi 25%.  
 
CEO Eureka AI Benjamin Soemartopo, menyatakan penggabungan skor informasi perilaku kredit CLIK dengan skor data telekomunikasi dan data alternatif kami akan memberikan hasil terbaik untuk pengambilan keputusan kredit. 

“Teknologi AI kami yang canggih dapat membaca pola dari data digital alternatif, yang jika digabungkan dengan data pinjaman CLIK dapat meningkatkan analisis kredit. Hasilnya, konsumen dan UMKM punya akses lebih baik untuk menekan biaya modal dan menumbuhkan perekonomian Indonesia," jelasnya.

Baca Juga: Agen BRILink Kini Ikut Membantu Menyalurkan Pinjaman Usaha Ultra Mikro
 
CLIK menegaskan bahwa kemitraan dengan Eureka AI adalah upaya perusahaan untuk membantu menjembatani kesenjangan antara pemberi pinjaman dan peminjam di lembaga keuangan utama seperti perbankan. Membuka akses publik dan pengusaha ke fasilitas kredit dengan menyediakan profil kredit yang komprehensif dan terbaru akan punya pengaruh positif (spill-over effect) pada pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang berkelanjutan.
 
CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) merupakan biro kredit yang menyediakan layanan dalam membantu pengambilan keputusan keuangan untuk lembaga keuangan maupun non lembaga keuangan. Sementara Eureka AI merupakan perusahaan perangkat lunak (software) yang memberikan jasa penerapan AI pada perusahaan melalui kumpulan data skala telekomunikasi dan populasi penduduk.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×