kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat suntikan MDI Ventures, Kata.ai siap ekspansi bisnis


Rabu, 25 November 2020 / 15:32 WIB
Dapat suntikan MDI Ventures, Kata.ai siap ekspansi bisnis
ILUSTRASI. Platform chatboot kata.ai. KONTAN/Baihaki.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi Conversational Artificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP), Kata.ai mengumumkan pendanaan Seri B. Investasi ini dipimpin oleh Trans-Pacific Technology Fund (TPTF) dan MDI Ventures. 

CEO & Co-Founder Kata.ai Irzan Raditya mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk ekspansi bisnis dan layanan ke industri commerce, healthcare, dan insurtech. Terlebih, tiap tahun perusahaan berupaya mengembangkan teknologi AI dan menghadirkan inovasi baru.

“Tahun ini fokus kami yaitu mengembangkan platform social commerce bernama QIOS, aplikasi ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha UMKM agar dapat memperluas jaringan penjualan mereka dan meningkatkan pengalaman belanja pelanggan," kata Irzan dalam keterangan resmi, Rabu (25/11). 

Hadirnya aplikasi QIOS karena melihat kondisi penurunan penjualan UMKM di masa pandemi hingga 70%. Dengan adanya aplikasi ini, ia berharap dapat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya melalui bantuan teknologi AI dan automasi.  

Baca Juga: Cybertrend, perusahaan konsultan data science lokal yang ingin mengglobal

Menurutnya, platform social commerce diprediksi memiliki peran besar dalam penjualan online commerce di Indonesia, McKinsey memprediksi pada tahun 2022 total Gross Merchandise Value (GMV) social commerce di Indonesia akan mencapai US$ 25 miliar. 

Selain itu, dengan basis aplikasi chatting seperti WhatsApp yang memiliki pengguna lebih dari 125 juta orang di Indonesia, QIOS memungkinkan para merchant UMKM untuk menyasar potensi pangsa pasar yang besar dengan pendekatan baru. 

Platform QIOS juga saat ini sudah terhubung dengan aplikasi e-wallet dan e-payment seperti OVO, GoPay, LinkAja dan DANA, juga platform kurir online seperti GoSend dan GrabExpress untuk lebih memudahkan para pengguna platform QIOS.

Kata.ai juga sudah bekerjasama dengan ratusan perusahaan seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, Bank BRI, Pertamina, Blue Bird Group, dan KFC Indonesia, sampai dengan sektor publik dan pemerintahan seperti BPJS Kesehatan, BKPM, Kemendikbud, dan Kemenparekraf. 

Selanjutnya: Dorong Daya Saing Digital, Indonesia Butuh PasokanTenaga Data Analytics

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×