kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   5,02   0.56%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dengan Logo dan Merek Baru, KB Bank Akan Mendorong Ekonomi Agar Makin Maju


Kamis, 21 Maret 2024 / 09:00 WIB
Dengan Logo dan Merek Baru, KB Bank Akan Mendorong Ekonomi Agar Makin Maju
ILUSTRASI. KB Bank berharap logo dan merek baru menunjukkan cita-cita jadi bintang di industri finansial. KONTAN/Baihaki/19/3/2024


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kalau Anda kebetulan berkunjung ke kantor Bank KB Bukopin, Anda bakal mendapati hal baru. Ya, bank yang mencatatkan sahamnya di bursa efek dengan kode BBKP ini punya merek dan logo baru.

Awal Maret ini, bank yang dulu bernama Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin ) ini secara resmi meluncurkan logo dan merek barunya, yakni KB Bank. Selasa lalu (19/3), Bank KB Bukopin Syariah juga telah secara resmi mengganti mereknya jadi KB Bank Syariah.

Perubahan logo dan merek ini bukan keputusan impulsif atau buat keren-kerenan, lo. KB Bank memutuskan mengubah merek dan logo bank ini demi menjadi bintang finansial di Indonesia.

Presiden Direktur KB Bank Woo Yeul Lee, atau juga akrab disapa Tom Lee, menjelaskan, rencana perubahan merek dan logo ini sudah disiapkan sejak lama. KB Bank, yang melepas saham di bursa dengan kode BBKP ini, mempertimbangkan banyak hal terkait rebranding nama dan logo, sebelum akhirnya memutuskan memakai nama KB Bank.

Baca Juga: KB Bank (BBKP) Resmi Ganti Merek dan Logo, Lakukan Perubahan Besar di Digital Banking

Tom menuturkan, inisial KB pada nama KB Bank memiliki arti penting. Selain mengingatkan pada nama entitas induknya, yakni Kookmin Bank, KB juga merupakan kependekan dari Korea Best.

Selain itu, inisial KB juga menegaskan bahwa KB Bank merupakan bagian dari KB Financial Group (KBFG), yang merupakan perusahaan finansial terbesar di Korea Selatan. Harapannya, nama KB Bank dapat membawa optimisme perseroan ini menjadi bank besar di Indonesia.

Untuk logo, KB Bank kini memakai logo yang terdiri dari dua karakter. Karakter pertama adalah bintang yang sekaligus membentuk huruf K. Karakter kedua adalah huruf b kecil. Sehingga logo tersebut terbaca ‘KB’.

Menurut Tom, logo bintang yang ada di depan nama KB Bank merupakan harapan perseroan ini untuk dapat menjadi bintang di industri keuangan Indonesia. "Logo ini kan artefak, jadi ada nilai-nilai yang ingin diterapkan,” papar dia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Berselisih, KB Bank (BBKP) Bawa Askrindo ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Logo baru ini sekaligus memberikan penegasan bahwa KB Bank ingin masuk lebih  dalam dan tumbuh bersama. “Kami ingin menjadi mitra yang tidak hanya sekedar mengejar keuntungan, kami ingin jadi bank yang baik untuk orang-orang, baik bagi laba, baik bagi planet," sambung Jerry Marmen, Komisaris Utama KB Bank.

KB Bank menegaskan juga akan menerapkan hal-hal tersebut dalam layanannya. "Dari segi budaya, ada banyak hal yang bersifat nilai-nilai yang kuat yang ingin kami tampilkan di masyarakat. Ini juga merupakan strategi kami untuk memberikan layanan yang lebih prima," kata Tom, beberapa waktu lalu.

Tom juga menjelaskan, tujuan utama dari rebranding nama dan logo KB Bank ini adalah untuk menguatkan posisi KB Bank di Indonesia. KB Bank ingin menegaskan citra sebagai bank dengan layanan finansial yang baik dan lengkap untuk nasabah indonesia.

Lantas, kenapa perubahan merek dan logo ini baru dilakukan setelah tiga tahun Kookmin Bank jadi pemegang saham baru di KB Bank? Menurut Tom, perubahan baru dilakukan di awal 2024 karena tiga tahun terakhir KB Bank melakukan berbagai transformasi dan perbaikan.

KB Bank terutama berupaya melakukan perbaikan kualitas kredit. Selain itu, KB Bank juga mendorong pengembangan teknologi. Karena itu, tahun 2024 dinilai menjadi tahun yang tepat untuk melakukan pergantian nama dan logo.

"Kami merasa sudah siap dan kami memiliki kepercayaan diri, bahwa KB Bank sudah bisa menjadi mitra bagi nasabah-nasabah kami, ini adalah waktu yang tepat," tegas Tom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×