kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua provinsi lagi akan mendirikan Jamkrida


Senin, 02 Juli 2018 / 10:15 WIB
Dua provinsi lagi akan mendirikan Jamkrida


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong seluruh provinsi di Indonesia memiliki perusahaan penjaminan kredit daerah (Jamkrida). Maklum saja, sampai saat ini jumlah pendirian Jamkrida masih stagnan.

Kepala Departemen Pengawas Industri Keuangan Non Bank 2B Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bambang W. Budiawan menjelaskan, saat ini ada dua provinsi yang sedang menjajaki pembentukan Jamkrida, yaitu Kepulauan Riau dan Sulawesi Tenggara. Secara total, hingg saat ini, baru 18 provinsi yang telah membentuk Jamkrida.

"Target kami ada dua provinsi, tapi tidak berhenti di dua itu saja. Kami mendorong semua provinsi ada Jamkrida. Namun semua tergantung pemegang saham pengendali kalau merasa perlu mereka akan serius," ujar Bambang.

Ada beberapa hal yang masih menjadi kesulitan bagi provinsi mendirikan Jamkrida. Diantaranya belum ada peraturan daerah yang mengatur ini dan ada daerah yang belum menganggarkan pendirian Jamkrida.

Sementara Jamkrida yang telah berjalan seperti PT Jaminan Kredit Daerah Sumatra Selatan (Jamkrida Sumsel) optimistis prospek industri penjaminan tahun ini cerah. Hingga akhir tahun ini, perusahaan ini menargetkan nilai penjaminan tumbuh 20% menjadi Rp 1,39 triliun.

Direktur Utama Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta mengatakan, realisasi nilai penjaminan hingga Mei 2018 mencapai Rp 438,05 miliar. Angka tersebut meningkat 41,43% dari periode sama tahun lalu. "Sedangkan akhir 2017, nilai penjaminan kami mencapai Rp 1,16 triliun," kata Dian.

Sejumlah strategi pengembangan bisnis telah disusun Jamrida Sumsel. Diantaranya memperluas produk penjaminan, menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga keuangan dan dengan industri yang membutuhkan penjaminan. Misalnya, bekerjasama dengan PT Semen Baturaja Tbk untuk menjamin kelancaran distribusi semen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×