kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.479   21,00   0,14%
  • IDX 7.723   -12,11   -0,16%
  • KOMPAS100 1.200   -1,91   -0,16%
  • LQ45 958   -0,97   -0,10%
  • ISSI 232   -0,58   -0,25%
  • IDX30 492   -0,52   -0,10%
  • IDXHIDIV20 591   0,04   0,01%
  • IDX80 137   -0,18   -0,13%
  • IDXV30 142   -0,21   -0,15%
  • IDXQ30 164   -0,28   -0,17%

Dukung Kemudahan Akses Permodalan Bagi UKM dengan Securities Crowdfunding


Kamis, 13 April 2023 / 17:09 WIB
Dukung Kemudahan Akses Permodalan Bagi UKM dengan Securities Crowdfunding
CEO Dana Mart Patrick Gunandi saat berkunjung ke Kontan, Jakarta (25/10). Dukung Kemudahan Akses Permodalan Bagi UKM dengan Securities Crowdfunding


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Akses permodalan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia menjadi tantangan karena keterbatasan nilai aset yang bisa dijadikan jaminan. 

Namun, kini telah hadir layanan securities crowdfunding atau urun dana berbasis teknologi informasi tanpa kewajiban terkait jaminan dan peluang penerbitan surat berharga berbentuk saham atau surat utang untuk mendapatkan modal bisnis hingga Rp 10 miliar.

CEO Danamart Patrick Gunadi mengatakan, usaha kecil dan menengah merupakan pilar kuat dalam perekonomian Indonesia, namun sulit berkembang karena masalah keterbatasan keuntungan dan nilai aset yang bisa dijadikan jaminan. 

Karena itu, ia berharap securities crowdfunding dapat mendorong kemajuan usaha yang merata di Indonesia dengan memperluas akses permodalan dari publik yang sebelumnya hanya dinikmati oleh perusahaan yang lebih besar. 

Baca Juga: Berikut 124 fintech P2P lending yang terdaftar dan memiliki izin dari OJK

"Prosesnya mudah dan bisa dilakukan secara online, serta memudahkan pemantauan investasi yang masuk," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (13/4).

Ia menambahkan, securities crowdfunding memberikan kemudahan bagi UKM karena tidak ada syarat minimum keuntungan dan kewajiban penyediaan jaminan dengan nilai tertentu. 

Penerbit saham atau obligasi pada platform securities crowdfunding juga dapat melengkapi persyaratan secara daring (online) dengan biaya penerbitan yang terjangkau. 

Meskipun demikian, kualitas penerbit tetap dijamin dengan seleksi yang ketat dan penilaian manajemen risiko yang komprehensif, termasuk penilaian dampak usaha terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai prinsip ESG.

Pemilik usaha yang ingin mendapatkan tambahan modal melalui securities crowdfunding dapat mendaftarkan bisnisnya melalui platform online, mengisi data-data yang diperlukan, dan menunggu verifikasi data. 

Baca Juga: Berkurang lagi, ini 124 fintech P2P lending yang terdaftar dan kantongi izin OJK

Selanjutnya, pemilik usaha dapat memilih jenis pembiayaan, jumlah dana yang dibutuhkan, dan jangka waktu penggalangan modal sebelum melengkapi persyaratan dokumen lainnya dan mengurus penerbitan efek ke KSEI. 

Setelah semua tahap selesai, dana usaha akan diterima di virtual account penerbit.

Untuk saat ini, Danamart sedang fokus untuk menggenjot penerbitan surat utang atau obligasi. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bagi penerbit efek berbasis ekuitas atau saham untuk mendapatkan penambahan modal di platform Danamart.

Harapannya, layanan securities crowdfunding dapat memudahkan akses dukungan modal bagi UKM di Indonesia, membuka lapangan pekerjaan, dan menggerakkan perekonomian secara merata, terutama dalam situasi krisis.

Baca Juga: Ini daftar terbaru fintech P2P lending yang terdaftar dan berizin dari OJK

Danamart adalah platform investasi online yang menyediakan layanan urun dana untuk dukungan modal bisnis UMKM dan startup melalui penawaran saham dan obligasi dalam securities crowdfunding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×