kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,87   8,56   0.94%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fitch tarik peringkat asuransi jiwa Sinarmas MSIG


Rabu, 17 Juli 2013 / 16:18 WIB
Fitch tarik peringkat asuransi jiwa Sinarmas MSIG
ILUSTRASI. IHSG menguat 73,01 poin atau 1,08% ke level 6.807,50 pada perdagangan Selasa (15/2).


Reporter: Dyah Megasari |

JAKARTA/HONG KONG/SINGAPURA. Fitch Ratings menegaskan peringkat National Insurer Financial Strength (IFS) PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG) di 'AA+(idn)'.

Prospek peringkat adalah Stabil. Namun dalam waktu bersamaan, Fitch juga menarik semua peringkat perusahaan.

“Penarikan peringkat yang dilakukan Fitch dikarenakan Sinarmas MSIG memilih untuk berhenti berpartisipasi dalam proses pemeringkatan,” jelas Analis Utama Fitch Ratings Indonesia, Cheryl Evangeline.

Fitch berpandangan informasi publik mengenai Sinarmas MSIG tidaklah mencukupi untuk melakukan tindakan pemeringkatan. Dengan demikian, Fitch tidak akan lagi memberikan peringkat atau cakupan analisis untuk Sinarmas MSIG.

Pertimbangan pemeringkatan

Cheryl menjabarkan, peringkat tersebut mencerminkan keberadaan pasar (market presence) Sinarmas MSIG yang signifikan di Indonesia, kinerja operasional yang sehat dan kapitalisasi yang kuat untuk profil bisnisnya.

Rasio risk-based capitalization (RBC) Sinarmas MSIG mencapai 562% pada akhir 2012, jauh di atas persyaratan minimum sebesar 120%.

Perusahaan terus menghadapi tantangan dalam meningkatkan keberlanjutan premi dikarenakan premi tunggal (singular premium) mendominasi portofolio bisnis.

“Fitch berpendapat bahwa profil operasional Sinarmas MSIG akan membaik karena fokus yang lebih besar pada produk premi reguler, dibanding produk berpremi tunggal,” ulas Cheryl.

Propek Stabil mencerminkan pandangan Fitch bahwa Sinarmas MSIG akan terus mempertahankan kapitalisasi yang sehat untuk mendukung ekspansi usaha dan mengurangi volatilitas yang mungkin timbul dari hasil investasinya.

Dengan lebih dari 20 tahun pengalaman di sektor asuransi jiwa di Indonesia, dominasi pasar Sinarmas MSIG akan didukung oleh posisi pasar dan waralaba yang kuat serta dukungan dari afiliasinya, Sinar Mas dan Mitsui Sumitomo Group.

Perlu diketahui, Sinarmas MSIG adalah perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Indonesia dengan pangsa pasar 10% pada akhir 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×