kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot UKM dan Ritel, DBS Berharap Masuk 10 Besar


Jumat, 17 Juli 2009 / 10:45 WIB


Sumber: KONTAN | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Prospek bisnis perbankan di Indonesia benar-benar masih gempal di tengah krisis global. Patut bank-bank asing semakin giat mengeduk untung di negeri ini.

Salah satu pemain asing yang telah mencicipinya adalah Bank DBS Indonesia. Bahkan, bank yang 99% sahamnya dipegang oleh investor asal Singapura, DBS Bank Ltd, itu kini berambisi masuk ke dalam jajaran 10 bank besar di Indonesia. "Target ini kemungkinan bisa tercapai dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan," ujar Presiden Direktur DBS Indonesia Hendra Gunawan.

Strategi yang mereka pilih untuk mencapai ambisi tersebut adalah memilih masuk ke pasar usaha kecil dan menengah (UKM) dan ritel. Menurut Hendra, kedua sektor itu hingga kini masih menjadi motor pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Mengutip hasil analisis salah satu perusahaan riset, Hendra bilang, sektor UKM di Indonesia saat ini baru menyerap sekitar 25% sampai 30% total kredit perbankan. Walhasil, potensi bank yang mulai beroperasi sejak tahun 1997 ini untuk menggarap pasar ini masih luas.

Agar tujuan itu tercapai, DBS akan memperkuat sistem teknologi informasi dan sumber daya manusianya. "Saat ini, kami sudah memiliki manajemen trainee sendiri," imbuh Komisaris DBS Indonesia Bernard Tan, bangga.

Untuk memperluas mengerek jangkauan pasar, DBS bersiap memperbesar basis nasabah dengan menggenjot pertumbuhan organik melalui pembukaan kantor cabang yang kini baru 40 cabang. "Ke depan kami akan tambah hingga 100 cabang," kata dia. Tak tertutup kemungkinan, bank ini mengakuisisi bank lain agar cepat mengembang.

Ambisi masuk dalam jajaran 10 bank terbesar di Indonesia tampaknya bukan sesuatu yang muluk. Sebab, sepanjang tahun 2007 dan 2008, bisnis bank ini juga terus bertumbuh. "Apalagi, situasi ekonomi di Indonesia juga semakin membaik," ujar Hendra.

Hingga Mei 2009 lalu, total aset Bank DBS Indonesia mencapai Rp 24,57 triliun. Outstanding kredit bank ini mencapai Rp 14,1 triliun. Targetnya, kredit mereka akan tumbuh 10% tahun ini.

Kalau serius ingin mengincar posisi 10 besar yang saat ini di tempati Citibank, DBS Indonesia harus memiliki aset layaknya Citibank, yakni Rp 52 triliun. "Dalam waktu dekat tak mudah, tapi kami akan terus bekerja keras," ujar Hendra lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×