kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Home Credit Jual Unit Bisnis di Filipina dan Indonesia Senilai € 615 Juta


Kamis, 24 November 2022 / 12:19 WIB
Home Credit Jual Unit Bisnis di Filipina dan Indonesia Senilai € 615 Juta
ILUSTRASI. Home Credit lepas lini bisnis di Indonesia dan Filipina


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aksi akuisisi kembali terjadi di industri multifinance. Terbaru, Home Credit Group B.V. mengumumkan penandatanganan perjanjian untuk menjual dua lini bisnis yang berbasis di Asia dalam kesepakatan bernilai sekitar € 615 juta.

Transaksi tersebut terlaksana dengan melibatkan konsorsium yang terafiliasi dengan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), dan dipimpin oleh Krungsri Bank, sebuah perusahaan di Thailand. Adapun, dalam konsorsium tersebut beranggotakan MUFG Bank, Adira Finance yang merupakan lini bisnis MUFG Indonesia dan investor lokal Indonesia.

Meski demikian, kesepakatan tersebut masih bergantung pada persetujuan pemegang saham Krungsri serta peraturan yang berlaku umum. Transaksi diharapkan akan selesai pada semester II-2023.

CEO Home Credit Group Jean-Pascal Duvieusart mengatakan, Home Credit Indonesia maupun Filipina yang telah berdiri sekitar 10 tahun lalu dan sudah berkembang pesat dengan basis pelanggan yang kuat.

Baca Juga: MUFG dan Adira Finance Akuisisi Home Credit, Berikut Komposisi Pemegang Sahamnya

“Sekarang adalah waktu yang tepat bagi kami untuk menyerahkan tongkat estafet kepada pemegang saham baru yang dapat mempercepat pertumbuhan dua perusahaan yang menarik ini di mana keduanya sedang memasuki sebuah fase baru,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/11).

Di Indonesia sendiri, Home Credit Indonesia diakuisisi dengan total nilai sekitar € 200 juta atau sekitar Rp 3,1 triliun, dengan asumsi kurs Rp 15,465. Krungsi akan menjadi pemegang saham mayoritas dengan 75% saham Home Credit Indonesia.

Sementara itu, Adira Finance bakal memegang 10% saham. Itu berarti Adira membeli saham Home Credit Indonesia dengan nilai transaksi sebesar €23,5 juta atau setara dengan sebesar Rp 363 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×