kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.871.000   -23.000   -1,21%
  • USD/IDR 16.420   -15,00   -0,09%
  • IDX 7.095   -46,49   -0,65%
  • KOMPAS100 1.030   -10,30   -0,99%
  • LQ45 803   -9,10   -1,12%
  • ISSI 223   -2,38   -1,06%
  • IDX30 419   -4,71   -1,11%
  • IDXHIDIV20 502   -8,79   -1,72%
  • IDX80 116   -1,49   -1,27%
  • IDXV30 119   -2,82   -2,32%
  • IDXQ30 138   -1,77   -1,27%

Ini keunikan skema pembiayaan bank wakaf mikro


Kamis, 03 Mei 2018 / 22:52 WIB
Ini keunikan skema pembiayaan bank wakaf mikro
ILUSTRASI. PELUNCURAN PROGRAM BANK WAKAF MIKRO


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kehadiran bank wakaf mendapatkan respons positif dari masyarakat di tanah air. Bank wakaf dinilai mampu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mengakses pendanaan dari perbankan. 

Menurut Adiwarman Karim, Pengamat Industri Keuangan Syariah, secara konsep, skema pembiayaan yang diterapkan BWM setidaknya memiliki tiga keunikan.

Pertama, biaya dana terdiri dari direct cost yang porsinya berkisar 8%–10% dan head office cost atau biaya operasional kantor pusat 3%–5%. Di BWM, head office cost diserap oleh pondok pesantren.

Kedua, ya itu tadi, separuh dana dari filantropi disimpan dalam bentuk deposito yang hasilnya kira-kira setara 2,5%. Dengan begitu, pendapatan bank wakaf mikro dari bagi hasil sebesar 3% (dari nasabah) ditambah 2,5% dari hasil deposito, maka imbal hasil yang diterima BWM menjadi 5,5%. Selain itu, imbal hasil dari deposito bisa menjadi cadangan risiko.

Ketiga, media exposure BWM terbilang tinggi lantaran dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Cara ini mendorong filantropi lainnya ikut serta dalam pembiayaan modal BWM.

“Yang membuat konsep BWM terlihat menarik adalah modal lembaga ini tidak pakai uang negara, uang komersial. Ada subsidi silang dan ada dana cadangan,” kata Adiwarman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×