kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Peluang Cuan Deposito Valas yang Pertahankan Bunga Kompetitif Hingga 5% p.a


Selasa, 26 Maret 2024 / 16:17 WIB
Intip Peluang Cuan Deposito Valas yang Pertahankan Bunga Kompetitif Hingga 5% p.a
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Pada Rapat Dewan Gubernur 19—20 Maret 2024, Bank Indonesia kembali menahan BI Rate di level 6%. Namun, sejumlah bank disinyalir telah memangkas bunga deposito.

Pemangkasan bunga deposito bertujuan untuk mengurangi cost of fund dan meningkatkan efisiensi biaya perbankan. Seperti dilansir Kontan.co.id, tercatat ada bank yang telah menurunkan bunga deposito sekitar 25 basis poin (bps) hingga 75 bps.

Meski demikian, deposito tetap merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati masyarakat dari masa ke masa. Sejumlah keunggulan yang dimiliki deposito, seperti minim risiko dan memberikan imbal hasil stabil, menempatkan produk perbankan ini sebagai investasi yang dapat diandalkan, terutama di saat ekonomi sedang bergejolak.

Beberapa produk deposito juga masih mempertahankan besaran suku bunga yang kompetitif. Nasabah dapat memanfaatkan penawaran spesial tersebut untuk meraih cuan dari deposito. Potensi keuntungan pun dapat dilipatgandakan bila nasabah menggunakan deposito untuk menyimpan mata uang asing atau valas yang berkinerja positif seperti dolar Amerika Serikat (USD).

Salah satu program deposito valas yang menawarkan besaran suku bunga spesial bagi nasabah adalah Program Deposito Blue Sakura Premiere dari J Trust Bank yang berlangsung selama periode 1 Februari—31 Juli 2024. Program deposito valas ini memberikan bunga yang sangat kompetitif, yakni hingga 5,00% per tahun (p.a). Nasabah baru dan eksisting J Trust Bank, baik perorangan maupun badan usaha, dapat mengikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere.

Caranya, nasabah menempatkan valas minimum USD1.000 di deposito dengan tenor tiga bulan atau enam bulan. Suku bunga yang diberikan mulai dari 3,75% p.a hingga 5,00% p.a. Ilustrasi penempatan dan suku bunga dalam Program Deposito Blue Sakura Premiere dapat dilihat sebagai berikut.

No.

Nominal

Suku Bunga

Tenor 3 Bulan

Suku Bunga

Tenor 6 Bulan

1.

USD1.000 s.d  < USD10.000

3,75% p.a

4,00% p.a

2.

USD10.000 s.d < USD50.000

4,00% p.a

4,25% p.a

3.

USD50.000 s.d < USD300.000

4,25% p.a

4,50% p.a

4.

≥ USD300.000

4,75% p.a

5,00% p.a

Untuk mengikuti program ini, dana harus berupa fresh fund, yaitu berasal dari rekening di luar J Trust Bank dan tidak berasal dari pemindahbukuan antar rekening di J Trust Bank.

Sebagaimana deposito berjangka, Deposito Blue Sakura Premiere juga tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Jika nasabah mencairkan deposito atau break dari program sebelum tanggal jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti.

Penalti break program berupa pemberlakuan suku bunga deposito menjadi 0,1% p.a, dihitung sejak awal penempatan deposito. Selain itu, kelebihan imbal hasil yang sudah diterima juga harus dikembalikan nasabah, dipotong dari jumlah deposito yang ditempatkan.

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali apabila ingin mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Jangan sampai Anda melepaskan potensi imbal hasil yang sudah ada di depan mata.

Nasabah juga perlu mengetahui, penjaminan simpanan nasabah pada bank diatur berdasarkan peraturan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), baik dari jumlah simpanan maupun besaran suku bunga. Oleh karena itu, simpanan dengan suku bunga melebihi ketentuan yang diberlakukan LPS akan dijamin oleh bank terkait itu sendiri.

Keputusan investasi kembali pada investor masing-masing. Pertimbangkan risiko yang dapat ditoleransi dan sesuaikan investasi dengan kebutuhan serta tujuan keuangan.

Jika ingin meraih cuan optimal dari deposito valas, segera ikuti Program Deposito Blue Sakura Premiere. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, mengakses www.jtrustbank.co.id, atau hubungi Ask J 1500 615

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×