kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Jalin Pembayaran Dukung Penguatan Sistem Digitalisasi BPD


Selasa, 12 Juli 2022 / 17:49 WIB
Jalin Pembayaran Dukung Penguatan Sistem Digitalisasi BPD
ILUSTRASI. Warga bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM) di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Jalin Pembayaran Nusantara membangun inklusi keuangan nasional melalui jalinan sinergi dengan BPD.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menegaskan komitmennya untuk membangun inklusi keuangan nasional melalui jalinan sinergi dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD). Dalam gelaran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022, Jalin menandatangani sejumlah perjanjian dengan BPD.

Salah satunya, Jalin meneken kerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB). Lewat kolaborasi ini, Jalin turut mendorong BPD sebagai salah satu motor penggerak utama inklusi keuangan di daerah.

Direktur Utama Jalin Pembayaran Nusantara Boyke Yurista mengatakan, lewat kerjasama tersebut, Bank BJB dapat lebih fokus melakukan transformasi digital dengan memperkuat infrastruktur teknologi sistem pembayaran sebagai anchor optimalisasi pendapatan.

“Jalin berperan sebagai digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial. Sama halnya dengan BPD, yang merupakan enabler bagi perekonomian daerah, kolaborasi ini dapat menjadi dorongan inklusi keuangan yang berangkat dari daerah,” tutur Boyke dalam keterangannya, Selasa (12/7).

Baca Juga: Jalin Pembayaran Catatkan Pertumbuhan Pendapatan hingga 45% pada Tahun Lalu

Kolaborasi ini juga dapat digunakan sebagai jembatan kolaborasi dengan nilai tambah yang sangat luas bagi kedua belah pihak baik dari segi efisiensi operasional maupun business process sehingga Bank BJB bisa fokus terhadap pengembangan bisnis berbasis layanan maksimal kepada nasabahnya.

Sementara Direktur Information Technology, Treasury & International Banking Bank BJB Rio Lanasier mengatakan, kerja sama dengan Jalin merupakan wujud konkret Bank BJB dalam mengakselerasi digitalisasi perbankan di Indonesia.

“Layanan Jalin terbukti sangat komprehensif mendukung ekosistem keuangan. Sebagai member Jalin, ke depan bank bjb dapat memberikan solusi-solusi keuangan digital dan turut mengembangkan literasi keuangan di daerah,” ujar Rio.

Layanan yang diberikan Jalin kepada Bank BJB untuk tahap awal meliputi jaringan switching link ATM yang mempermudah interkonektivitas bagi para nasabah serta meningkatkan efisiensi operasional perbankan. Layanan tersebut akan mencakup fitur-fitur mendasar seperti cek saldo, tarik tunai, transfer di ATM maupun mobile banking dan internet banking, serta di agen laku pandai (mini ATM).

Untuk tahap selanjutnya, Jalin dan Bank BJB memilki inisiatif kerja sama dalam rangka inovasi layanan digital yang terakomodir dalam fitur ATM seperti tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal) dan lain-lain.

Baca Juga: Modernkan Jaringan, Jalin Pembayaran Gandeng Euronet Worldwide

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×