kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi Taspen Bersama Kementerian/Lembaga Wujudkan ASN Sejahtera


Kamis, 18 Januari 2024 / 10:01 WIB
Kolaborasi Taspen Bersama Kementerian/Lembaga Wujudkan ASN Sejahtera
ILUSTRASI. Taspen Day


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) terus melakukan transformasi dalam upaya diseminasi informasi ketaspenan kepada peserta Taspen, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif, PPPK, dan Pensiunan.

Salah satu langkah Taspen untuk memberikan edukasi secara masif yaitu dengan menginisiasi sebuah acara bertajuk TASPEN Day “Muda Berkarya Tua Bahagia Bersama TASPEN”.

TASPEN DAY diisi dengan berbagai kegiatan edukatif dan informatif, seperti pemaparan materi dari narasumber ahli, talkshow, serta pameran bagi ASN.

Sebanyak 400 peserta hadir dalam TASPEN DAY yang terdiri 30 perwakilan ASN dari kementerian/lembaga, antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Kepegawaian Negara, hingga Badan Pemeriksa Keuangan.

Baca Juga: Dewan Pengawas Ingatkan Potensi Defisit BPJS Kesehatan di 2024

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini, Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN RI) Imas Sukmariah, S.Sos, MAP, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Indonesia Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. DR Zudan Arif Fakhulloh, SH., MM Direktur Utama Taspen A.N.S.Kosasih, Jajaran Komisaris dan Direksi TASPEN GRUP, dan seluruh pimpinan Taspen dari seluruh Indonesia pada Selasa, 16 Januari 2024 di Ruang Ballroom Grand Sahid Jaya Jakarta.

Rangkaian kegiatan TASPEN DAY ditargetkan mampu meningkatkan wawasan dan memperdalam pengetahuan peserta tentang manfaat dari program yang dikelola oleh TASPEN dan anak usahanya.

Baca Juga: Baru Berdiri, DPLK Taspen Life Kelola Ratusan Miliar Dana Pensiun

Selain itu, ini menjadi ajang bagi Taspen untuk mengetahui harapan dan pandangan dari para pemangku kepentingan  dalam pengelolaan kesejahteraan bagi Peserta.

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Taspen (Persero) A.N.S Kosasih mengapresiasi seluruh mitra Taspen yang mendukung komitmen Taspen dalam menghadirkan kesejahteraan ASN di seluruh Indonesia.

“Sebagai perusahaan jaminan sosial khusus bagi ASN, Taspen terus komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan bagi kesejahteraan Aparatur Sipil Negara baik yang masih Aktif, Pensiunan, dan Pejabat Negara melalui beragam inovasi layanan dan program manfaat di era digitalisasi ini,” tutur A.N.S Kosasih dalam siaran persnya.

Sementera itu, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widiyantini yang turut hadir dalam kegiatan TASPEN DAY menjelaskan, dalam skala global dan aspek ketenagakerjaan setidaknya terdapat 800 juta orang di dunia yang kehilangan pekerjaan karena revolusi industri 4.0.

Baca Juga: Bank Mandiri Taspen Punya Nasabah Wirausaha Pensiunan 2.900 Orang

Ini merupakan tantangan digitalisasi yang dihadapi para ASN. Untuk itu, terdapat beberapa faktor penting masa depan yang perlu diperhatikan ASN, yaitu teknologi dan digitalisasi menjadi hal mendasar dalam tata kelola birokrasi, usia muda yang mendominasi, skema bekerja yang mulai berganti, kompetisi yang semakin ketat, dan pentingnya soft skill bagi para ASN.

“Aparatur Sipil Negara harus fokus melakukan revolusi digital dan mempu menjalan birokrasi secara profesional dan berkualitas. Maka dari itu penting pula bagi kementerian/lembaga dan TASPEN membentuk sinergi dan kolaborasi agar mewujudkan ASN Indonesia yang bahagia dan sejahtera,” ujar Rini.

Di sisi lain, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Prof. DR Zudan Arif Fakhulloh, SH., MM berharap dapat terbentuk kolaborasi yang intensif antara KORPRI dan Taspen melalui berbagai bentuk jaminan, diantaranya jaminan kecelakaan kerja, tabungan hari tua, hingga pembiayaan perumahan.

“Taspen tidak pernah gagal membayar pensiun. Untuk itu, keberlanjutan Taspen diperkuat melalui adanya pembayaran iuran dari peserta, semakin intensifnya dukungan dari pemberi kerja, hingga beragam upaya Taspen dalam menyalurkan manfaat yang langsung dirasakan ASN. Taspen sejak awal telah berdampak keberadaannnya kepada para ASN, tidak hanya bagi pensiunan. Jadi Taspen dikenal para ASN dan dikenang oleh para pensiunan,” sebutnya.

Baca Juga: Taspen Galakkan Program ASN Housing di Lingkungan Pemprov Jambi

Selama lebih dari 60 tahun, Taspen juga hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara optimal melalui pengembangan bisnis usaha Taspen Group di antaranya Taspen Life, Taspen Properti Indonesia, dan Bank Mandiri Taspen.

TASPEN DAY menjadi momen istimewa bagi para peserta untuk dapat saling berbagi informasi, belajar, dan membangun ikatan yang lebih kuat antara Taspen, mitra kerja, dan peserta untuk kenyamanan dan kebahagiaan para ASN di hari tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×