kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kredit Berkelanjutan BCA Tembus Rp 169,5 Triliun


Rabu, 14 September 2022 / 15:26 WIB
Kredit Berkelanjutan BCA Tembus Rp 169,5 Triliun
ILUSTRASI. Kredit Berkelanjutan BCA terus meningkat


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk terus meningkatkan pembiayaan berkelanjutan, termasuk di dalamnya kredit hijau.

Hingga Juni 2022, portofolio kredit berkelanjutan BCA sudah mencapai Rp 169,5 triliun atau tumbuh cukup tinggi sebesar 21,8% secara year on year (YoY). Sedangkan dari akhir tahun lalu tercatat sudah meningkat 7,1%.

Kredit berkelanjutan BCA ini sudah berkontribusi 24,9% terhadap total portofolio kredit perseroan secara bank only.

"Dalam tiga tahun terakhir, kredit berkelanjutan kami tumbuh 12,6%. Khusus di tahun ini, pertumbuhannya jauh lebih cepat dari kredit biasa," ungkap Vera Eve Lim, Direktur Keuangan BCA dalam paparan publik, Rabu (14/9).

Sebanyak Rp 94,1 triliun kredit berkelanjutan disalurkan ke segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau tumbuh 19,6% YoY dan Rp 75,3 triliun kepada non UMKM atau naik 24,7% YoY.

Baca Juga: BCA Buktikan Digitalisasi Sukses Mendorong Efisiensi Bank

BCA telah membiayai pembangunan pembangkit listrik energi terbarukan dengan total kapasitas sekitar 200 megawatt (MW).

Selain di sektor energi, pembiayaan berkelanjutan tersebut juga disalurkan ke sektor CPO yang sudah tersertifikasi baik sertifikasi internasional maupun domestik. Total kredit hijau ke sektor ini mencapai Rp 38,2 triliun per Juni.

Vera bilang, pembiayaan ke sektor CPO bersertifikasi ini sudah mendominasi terhadap total kredit BCA ke sektor perkebunan kelapa sawit. Porsinya tercatat mencapai 73,6%.

"Ini mencerminkan komitmen kami terhadap pembiayaan berkelanjutan lewat kerjasama dengan debitur," ujar Vera.

Sektor lain yang dibiayai BCA adalah pengolahan air berkelanjutan dan manajemen limbah air, gedung ramah lingkungan, sektor yang melakukan efisiensi energi, dan transportasi ramah lingkungan.

Di samping pembiayaan berkelanjutan, BCA juga melakukan dukungan terhadap carbon saving. Kami memang tak punya pabrik, tetapi kami mendaur ulang electronic waste sehingga zero waste," pungkas Vera.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×