kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba bisnis internasional BNI melesat 85,5% hingga kuartal III-2020


Jumat, 04 Desember 2020 / 09:25 WIB
Laba bisnis internasional BNI melesat 85,5% hingga kuartal III-2020
ILUSTRASI. Bank BNI di luar negerii


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja bisnis internasional bank pelat merah mengalami pertumbuhan cukup positif hingga kuartal III 2020 meskipun pandemi Covid-19 tengah menekan perekonomian global. Pertumbuhan itu tak lepas dari strategi yang dilakukan bank untuk memacu kredit dan pendapatan komisi. 

Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) misalnya mencatatkan pertumbuhan laba cukup signifikan hingga kuartal III-2020. Laba sebelum pajaknya meningkat 85,5% secara year on year (yoy) menjadi Rp 1,58 triliun.

Total aset KCLN kini mencapai Rp 80,2 triliun atau tumbuh 7,9% yoy. Di mana pendanaan yang dihimpun KCLN mencapai Rp 64,7 triliun atau naik 5,5% yoy.

Kredit di KCLN BNI melesat hampir 20% yoy. Portofolio terbesar kredit KCLN BNI ada di sektor manufaktur, transportasi, pergudangan dan komunikasi, serta perdagangan, restoran dan hotel. 

Baca Juga: Bank syariah catatkan kenaikan aset dua digit, ini kata bankir

Direktur Treasury and International Bank BNI Henry Panjaitan  menjelaskan, pertumbuhan laba tersebut tidak hanya ditopang oleh pendapatan bunga bersih tetapi juga dari peningkatan pendapatan berbasis biaya dan komisi atau Fee Based Income (FBI). 

“Tren suku bunga rendah di dunia telah mendorong NII mengalami pertumbuhan lebih dari 50%. FBI tumbuh lebih dari 70% yoy.” kata Henry pada Kontan.co.id, Kamis (3/12).

Di sisi lain, dana murah dari program Global CD di KCLN New York dan dukungan dana bank-bank koresponden telah mendorong peningkatan NIM KCLN dalam tiga tahun terakhir. 

Hingga akhir tahun 2020, BNI memperkirakan laba dari KCLN akan tumbuh sekitar 80% YoY. Untuk mencapai pertumbuhan itu, Henry bilang, pihaknya terus mempertajam fokus pada pembiayaan kepada perusahaan Indonesia Related khususnya kepada value chain dari group usaha perusahaan debitur di Indonesia dimana kami dapat meyakini dan memonitor kondisi bisnisnya. 

Selanjutnya: Bisnis kantor luar negeri bank pelat merah tumbuh positif di tengah pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×