kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebaran, pasokan uang tunai BTN naik 50%


Kamis, 02 Agustus 2012 / 18:56 WIB
Lebaran, pasokan uang tunai BTN naik 50%
ILUSTRASI. Sejumlah tenaga kesehatan membawa lilin. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.


Reporter: Wahyu Satriani |

JAKARTA. Perbankan mulai bersiap menyambut Hari Raya Lebaran. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), misalnya menyiapkan uang tunai sekitar Rp 15 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menghadapi Lebaran. Uang tunai yang disiapkan BBTN tersebut, naik 50% dibanding hari-hari biasa.

"Menjelang Lebaran biasanya masyarakat membutuhkan uang tunai dengan layanan cepat. Kami mengantisipasinya dengan menambah persediaan uang tunai," ujar Rakhmat Nugroho, Corporate Secretary BBTN, Jakarta, Kamis (2/8).

Menurut dia, uang tunai tersebut disiapkan selama satu bulan dari tanggal 1 Agustus atau H-19 sampai dengan 31 Agustus 2012 atau H+11. Rakhmat memprediksi, kebutuhan uang tunai akan meningkat pada minggu kedua hingga minggu ke empat bulan Ramadan.

"Biasanya pada waktu-waktu tersebut mulai banyak dicairkan untuk kebutuhan pembayaran THR dan persiapan mudik Lebaran," tutur dia.

BBTN memperbesar penyebaran porsi uang tunai tersebut melalui anjungan tunai mandiri atau ATM. Selain itu, penyebaran uang tunai juga dilakukan melalui jaringan layanan BBTN di kantor-kantor cabang seluruh Indonesia.

"Pengambilan uang tunai umumnya dilakukan di ATM karena masyarakat ingin pelayanan yang cepat. Oleh karena itu, kami lebih banyak memberikan porsi penyebaran uang tunai melalui ATM," kata dia.

Uang tunai tersebut didistribusikan ke 1.236 ATM dan 696 kantor layanan BBTN seluruh Indonesia, melalui kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, baik konvensional maupun syariah.

Adapun untuk pelayanan pada hari libur pada 18 Agustus hingga 22 Agustus 2012 tetap diberikan dengan operasional terbatas. Namun, kata dia, pada hari raya Idul Fitri 1433 H yang ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur, BBTN tidak operasional.

Di sisi lain, BBTN juga menggelar mudik bersama pegawai informal terkait dengan pembangunan perumahan. Peserta mudik bersama akan diberangkatkan pada 14 Agustus 2012 nanti. Setidaknya telah tersedia 22 bus yang siap mengangkut 1.200 pekerja informal dengan tujuan Solo, Semarang, Yogyakarta dan Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×