kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat KUR, BNI siapkan modal usaha hingga Rp 500 juta bagi pekerja migran


Minggu, 04 Juli 2021 / 21:45 WIB
Lewat KUR, BNI siapkan modal usaha hingga Rp 500 juta bagi pekerja migran
ILUSTRASI. Bank BNI


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen memberdayakan Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI)  Perempuan untuk bangkit, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19.

Lantaran pekerja migran rentan terdampak oleh pemotongan upah,  pemutusan hubungan kerja, sampai pengetatan mobilitas akibat pandemi. BNI memberikan pembiayaan terintegrasi melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Srikandi Purna PMI yang telah membangun perekonomian dan menyumbang devisa bagi Indonesia. 

Hal ini tak terlepas dari data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mencatat sepanjang 2020 jumlah penempatan PMI sebanyak 113.173 orang.

Dilihat dari segi jenis kelamin, penempatan jumlah PMI periode 2020 sebagian besar merupakan perempuan, di mana terdiri dari 90.500 perempuan dan 22.673 lainnya merupakan laki-laki.

Baca Juga: PPKM darurat, ini jadwal jam buka bank BNI, BRI, BTN, Mandiri, dan BCA

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati mengatakan, setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan dari BNI, para purna PMI yang baru merintis usaha dapat mengajukan pinjaman KUR Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil tanpa jaminan.

Sementara bagi para Purna PMI yang telah memiliki usaha dan berjalan dalam 6 bulan lamanya, dapat memperoleh modal usaha dari BNI dengan plafon sampai Rp500 juta.

“Plafon pinjaman Super Mikro sampai dengan Rp10 juta, sedangkan Mikro di atas Rp10 juta sampai Rp 50 juta. Sementara KUR Kecil dengan plafon antara Rp 50 juta hingga 500 juta,” tuturnya dalam pernyataan tertulis pada Minggu (4/7).

Adi Sulistyowati yang akrab disapa dengan Susi menerangkan, persyaratan pengajuan KUR BNI bagi purna PMI sangatlah mudah, cukup dengan melampirkan bukti pelatihan atau pendampingan serta izin usaha dari kelurahan, dan identitas diri, apabila dinilai layak/eligible, maka pinjaman dapat segera diproses.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×