kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lima bank penyerap terbesar DHE


Jumat, 06 Juli 2012 / 09:12 WIB
Lima bank penyerap terbesar DHE
BTS bertahan di Billboard Hot 100 selama 3 minggu berturut-turut dengan Butter.


Reporter: Roy Franedya |

JAKARTA. Kebijakan devisa hasil ekspor (DHE) memberikan efek positif ke beberapa bank besar. Mereka menikmati tambahan suplai valuta asing (valas) milik eksportir yang selama ini terparkir di luar negeri. Bank besar paling menikmati beleid tersebut karena unggul di teknologi, kemudahan transaksi dan jaringan kantor di luar negeri.

Menurut sumber KONTAN di bank sentral, dari total devisa ekspor yang masuk ke perbankan domestik, hampir 70% - 75% terparkir di lima bank. Yakni, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Central Asia (BCA), HSBC Indonesia dan Citibank Indonesia.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan total ekspor Januari 2012 mencapai US$ 14,6 miliar. Dari jumlah itu, yang sudah masuk ke bank domestik mencapai US$ 7,4 miliar, atau 51%. Data yang sama memperlihatkan ada 2.600 eksportir yang hasil penjualannya belum ditransfer ke dalam negeri.

Andrijanto, Group Head Wholesales Transaction Banking Bank Mandiri, tak ingat total valas milik eksportir yang sudah masuk via Bank Mandiri. Ia hanya mengatakan dari nilai Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang disampaikan eksportir ke Bank Mandiri pada Januari lalu, sekitar 50% - 55% sudah masuk ke bank.

Kondisi ini lantaran ada devisa yang sudah masuk ke rekening, tapi belum dilaporkan pemiliknya. "Dalam setahun transaksi ekspor-impor mencapai 1 juta transaksi," ujarnya, Rabu (4/7).

Bank Mandiri mengerahkan banyak cara untuk menguasai 50% pangsa pasar devisa ekspor. Antara lain mengoptimalkan layanan ekspor-impor di 29 kota dan menambah bank koresponden di luar negeri lebih dari yang ada saat ini sebanyak 1.000 bank.

Para mitranya itu memiliki limit dalam jumlah besar sehigga memudahkan nasabah bertransaksi. "Kami juga proaktif menelepon eksportir yang transaksi ekspor dalam jumlah besar," katanya.

BNI menerima devisa ekspor periode Januari dalam beberapa mata uang. Terbesar dalam bentuk dollar sebesar US$ 154,2 juta. Kemudian yen sebesar ¥ 623,7 juta, dollar Hong Kong HK$ 23,1 juta dan Euro € 1,7 juta. Per Juni, total eksportir yang menjadi nasabah BNI hampir 400 orang.

Bank BNI juga mengandalkan jaringan dan kemudahan transaksi dalam merayu eksportir. Mereka mempunyai lima kantor cabang luar negeri, 1.400 bank koresponden, mengoperasikan 4 unit pusat proses pengiriman dokumen ekspor dan 36 marketing representative officer (MRO). "Kami aktif mengedukasi eksportir termasuk konsekuensi jika tidak patuh pada ketentuan BI," ujar Abdullah Firman Wibowo, Pemimpin Divisi Internasional BNI, bernada promosi.

Firman menjelaskan, implementasi kebijakan devisa ekspor biasanya terkendala di kegiatan ekspor tanpa letter of credit. Dananya mungkin sudah masuk ke bank, tapi tidak ada penjelasan apakah uang tersebut merupakan hasil ekspor atau dari aktivitas pengiriman uang (remittance). Bank berharap, nasabah lebih proaktif menjelaskan setiap transfer uang. n

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×